Wawako Solok Lepas Keberangkatan Dua Siswa Kuliah di Jerman

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Wakil Wali Kota Dr.Ramadhani Kirana Putra, secara resmi melepas keberangkatan dua orang warga Kota Solok untuk kuliah dan bekerja di Jerman. Dua orang siswa itu dilepas Wawako, Senin (14/2/2022) di Ruang Rapat Zarhismi Ajis Lt II Balaikota Solok.

Adapun warga Kota Solok yang berangkat yakni Bambang dari Kelurahan Kampung Jawa dan Rezi dari Kelurahan Nan Balimo. Kegiatan ini hasil kerjasama antara Baznas Kota Solok, Pemerintah Kota Solok dan RYND German Course.

Dr.Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Baznas yang telah fasilitasi warga kota yang akan berangkat ke Jerman kuliah sambil bekerja. Beliau menaruh harapan Kepada Bambang dan Rezi agar bisa sukses di Jerman dengan tetap dipantau jarak jauh oleh orang tua.

"Fokus, serius dan disiplin dalam belajar dan mencari ilmu, jangan sampai terbeban psikologis meskipun jauh di negeri Jerman. Mari bersama kita lepas Bambang dan Rezi untuk masa depan yang lebih baik. Semoga sukses dan sehat selalu" ungkapnya.

Beliau menyampaikan bahwa saat ini, Kota Solok masih banyak perlu berbenah, berjuang dan selalu mengarah ke lebih baik. 

"Kami (red :Wali Kota dan Wawako) juga memiliki suatu gagasan besar, yakni mengirim anak-anak kita ke luar negeri melalui beasiswa ke Timur Tengah. Saat ini ada 25 orang yang sedang diseleksi. Ini semua semata-mata membangun SDM masyarakat yang lebih baik. Jika SDM baik, masa depan baik dan dapat mengangkat harkat martabat serta perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, mari selalu berkolaborasi mewujudkan visi dan misi. Semoga Kota Solok diberkahi, maju dan sejahtera dapat kita wujudkan bersama" tutup Wawako.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok Zaini mengatakan, keberangkatan warga Kota Solok ke Jerman merupakan program pertama kali Baznas Kota Solok dan Pemko Solok. "Semoga sukses bekerja dan kuliah di Jerman, tetap komunikasi dan memberi informasi kepada kita di Kota Solok," sebutnya.

Dijelaskan Zaini, Jerman merupakan negara paling tertib, teratur, aman dan nyaman di dunia. Oleh karena itu kepada orang tua jangan sampai was-was. Kepada Bambang dan Rezi, agar cepat menyesuaikan diri saat berada di Jerman. "Semoga sukses di awal program ini, sehingga dapat merintis jalan bagi yang lain untuk menyusul nantinya," tutupnya.

Wawako pada kesempatan itu juga menyerahkan tambahan bantuan akomodasi masing-masing Satu Juta Rupiah kepada 2 orang warga yang akan berangkat ke Jerman.

Turut hadir, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok Zaini, Kepala Dinas Sosial Kota Solok Zulfadli, Kepala Dinas Kominfo Kota Solok Heppy Dharmawan, Kabag Kesra Setda Kota Solok Irsyad, Kepala OPD terkait, Lurah Kampung Jawa Mukhrizon, dan orang tua dari warga yang akan diberangkatkan.(basa)