Disdukcapil Bengkalis Lakukan Berbagai Terobosan untuk Layanan Kependudukan

BENGKALIS (Surya24.com) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam layanan kependudukan, salah satunya kolaborasi antara UPT Disdukcapil Kecamatan Pinggir dengan Korwil Pendidikan dan seluruh Desa/Kelurahan di Kecamatan Pinggir.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Disdukcapil H Ismail, Sabtu, 5 Maret 2022 melalui rilis yang dikirim ke Diskominfotik Bengkalis.

Ismail mengatakan kolaborasi yang dilakukan dalam bentuk penerbitan dokumen kependudukan bagi anak usia PAUD, Sekolah Dasar (SD) dan SMP, bahkan juga untuk SMA sederajat yang berada di Kecamatan Pinggir yang belum memiliki dokumen kependudukan berupa akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Kolaborasi ini disamping untuk memastikan seluruh anak memiliki dokumen kependudukan secara lengkap, sekaligus sebagai upaya peningkatan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan minimal sesuai target yang telah diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Bengkalis. 

Setiap Kecamatan tahun 2022 telah ditetapkan target capaian layanan dokumen kependudukan yang harus dipenuhi," kata Ismail.

"Sasaran utama UPT Disdukcapil Kecamatan Pinggir dalam kegiatan ini yakni menerbitkan akta kelahiran anak-anak mulai dari umur 0 bulan hingga 18 tahun, dan KIA bagi anak usia 0-17 tahun kurang satu hari" ujar Ismail.

Pada kesempatan itu juga Ismail menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Korwilcam Pendidikan dan seluruh Kepala Desa/Lurah beserta seluruh perangkatnya yang telah memberikan dukungan kerjasama yang maksimal dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik dalam pemenuhan hak masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan.

Ismail mengatakan sangat optimis, bahwa dengan upaya Kepala UPT Disdukcapil Kecamatan Pinggir, “Amrul” beserta stafnya yang sangat proaktif dan kreatif melayani penerbitan akta kelahiran anak dan KIA, baik melalui sekolah-sekolah dilingkup Korwil Kecamatan Pinggir bahkan pada jenjang SLTA dan kerjasama dengan Desa/Kelurahan maka akan dapat diwujudkan layanan kependudukan secara baik dan berkualitas. Peran optimal dari UPT Pinggir berkonstribusi signifikan dalam pencapaian pelayanan KIA tingkat Kabupaten Bengkalis yg telah mencapai sekitar 90 ribu anak yang telah mendapat KIA.

"Kolaborasi ini adalah merupakan bagian dari upaya pencapaian Visi Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Yang Bermarwah Maju dan Sejahtera (BERMASA). Bupati Bengkalis Kasmarni selalu mengingatkan agar Disdukcapil secara terus menerus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, semuanya harus terlayani dengan baik sampai ke seluruh pelosok wilayah Kabupaten Bengkalis," pungkas Ismail. ##DISKOMINFOTIK.