Di Malaka, Penasehat JMSI Rohil Bahas Program Study Banding Dan Penampilan Kebudayaan Dari Rohil

ROHIL (Surya24.com) - Penasehat JMSI (Jaringan Media Saber Indonesia) Rokan Hilir, Datuk H.Yan Faizal yang juga Wakil Sekretaris DMDI (Dunia Melayu Dunia Islam) Provinsi Riau dari 28 Mei 2022 sampai 31 Mei 2022 sedang berada di Malaka, Malaysia.

Kedatangan Datuk H.Yan Faisal di Malaka dalam rangka menghadiri acara jemputan majelis Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang di gelar Kerajaan Malaka, Sabtu (28/5/2023) kemudian undangan rumah tetbuka anjuran Caunsul China di Malaka, Minggu (29/5/2022).

Di Malaka,selaku jurnalis sekaligus Penasehat JMSI Rohil, Datuk H.Yan Faisal bertemu dan membicarakan program study banding dan kunjungan kerja JMSI Rohil ke Malaka dan Malaysia dengan Tun Seri Prof.dr.Abdul Latif Bin Abu Bakar sejarawan dan pelopor DMDI yang beranggotakan 23 Negara.

Bersama Tun Seri Prof.dr.Abdul Latif dan Datuk Ir.Ajis Ketua DMDI Riau, Wartawan senior Rohil ini juga membahas berbagai hal bidang sejarah, budaya dengan dosen dan Guru Besar beberapa Universitas di Malaysia ini.

Di Malaka, Datuk H.Yan Faisal bertemu Tuan Yang Terutama Yang di Pertua Negeri Malaka Tun Seri Ali Rustam sekaligus Presiden DMDI tempat berhimpunnya 23 Negara di Organisasi tersebut dan Ketua Menteri Malaka dan Pengutus Media cetak DMDI.

" Kesempatan memenuhi undangan Kerajaan Malaka dan DMDI ini saya mengambil moment untuk program study banding dan kunjungan muhibah JMSI Rohil Tahun ini ke Malaysia, " ucap Datuk H.Yan Faisal.

Bahkan berbincang sejarah dengan " Pakar Sejarah Melayu " Tun Seri Prof.dr Abdul Latif yang juga penulis Gapena (Gabungan Penulis Nasional) Malaysia dan Budayawan ini membahas ampayer Malaka dan Kerajaan-Kerajaan yang ada di pinggir Selat Malaka termasuk Rokan (Pekaitan, Negeri Kubu, Tanah Putih dan Bangko) turut di " Gali " sejarahnya.

" Jika tidak ada halangan rombongan JMSI Rohil akan menambah wawasan dengan study banding dan mengunjungi beberapa Media di Malaka dan Malaysia " Tulis Penasehat JMSI Rohil ini melalui waatshap dan rilis beritanya.

" Pertama Juli 2022 saya akan membawa delegasi Budaya dari Rohil atas undangan sebuah Universitas dan Perguruan Tinggi di Malaka, " sebutnya.

" Kebiasaan saya jika ada undangan menyempatkan diri membahas Organisasi Pers, intinya program ini akan terlaksana atas kerja keras Ketua JMSI Rohil, Jarmain dan jajaran pengurus lainnya sudah OK, " sebut Pendiri PWI Rohil sekaligus Ketua PWI Rohil pertama ini.

" Untuk Bulan Juli, saya dan sebuah perkumpulan akan disiapkan memenuhi undangan tersebut,mohon doa dan dukungan, " harap sosok yang gemar di panggil penulis ini.

Datuk H.Yan Faisal nenegaskan baginya siapapun yang ingin maju dengan wawasan dan retorika untuk kemajuan perlu di dukung.

" Siapapun yang berminat ikut dan bergabung untuk delegasi atau rombongan JMSI Rohil nantinya dipersilakan menghubungi Ketua JMSI Rohil dan dengan biaya pribadi, " terang wartawan ini.

" Untuk kemajuan Rohil, untuk daerah ini tentu sebagai yang dituakan karena duluan selangkah, saya terima dan siap untuk mengikut sertakan rekan-rekan yajg berminat," terang Datuk H.Yan Faisal. (Sultan)