Walikota Solok Apresiasi Program Bundo Kanduang Masuk Sekolah

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Bundo Kanduang dituntut untuk memperkuat peran dalam membentengi anak sekaligus memelihara adat dan budaya Minangkabau, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra dalam acara Bundo Kanduang masuk sekolah dan Launching Media Permainan Lore, di SD 09 Kelurahan PPA Kota Solok, Rabu 7 September 2022.

Dalam kesempatan itu Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra mengatakan, Beranjak dari Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, alam takambang jadi guru merupakan Filosofi hidup yang dipegang oleh masyarakat Minang Kabau dalam tata pola berprilaku atau Etika dalam kehidupan masyarakat, namun kondisi yang kita lihat sekarang era globalisasi serta pengaruh budaya dunia luar mampu mempengaruhi etika dan Prilaku generasi muda kita,"ungkapnya.

Menurut Bundo Sitta program ini bertujuan untuk menerapkan etika sumbang 12, Kato Nan Ampek terutama bagi anak-anak sekolah, yang nantinya dalam tahun 2022 ini Bundo Kanduang Kota Solok akan mendatangi 15 Sekolah dengan peserta 70 orang persekolah dengan sasaran kegiatan ini ke tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA serta perguruan tinggi yakni Universitas Mahaputera Muhammad Yamin," ungkap Ketua Bundo Kanduang Kota Solok.

"Konsep Bundo Kanduang Masuk sekolah melakukan pendekatan melalui rasa kepada anak-anak sekolah serta memperkenalkan kembali budaya -budaya tradisional Minang Kabau seperti Permainan Lore yang diyakininya berpengaruh pada Monotorik anak,"terangnya.

Sementara itu Walikota Solok Zul Elfian Umar menyampaikan ucapan terimakasih kepada bundo kanduang Kota Solok yang telah melaksanakan program Sosialisasi ABS-SBK masuk ke sekolah, serta pihak terkait yang telah mendukung kegiatan ini,"ucap Wako.

Menurut Walikota hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Kota Solok sebagaimana visi dan misi kita menjadi Kota Solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara). Sehingga terwujud pengamalan nilai-nilai agama dan adat dalam kehidupan masyarakat Kota Solok,"ujar Zul Elfian Umar. Sebelumnya sebut Wako, Kota Solok telah melakukan launching Bahasa dan Sastra Minangkabau.

"Dimana program itu, menjadikan anak-anak kita menjadi anak hebat dengan harapan menguasai ilmu pengetahuan dan teknolgi, anak-anak kita akan dapat menggenggam dunia dengan tetap menanamkan nilai-nilai dan jati diri sebagai masyarakat minangkabau, dan kita ingin anak-anak cerdas, pintar dengan akhlak yang baik. Kita tidak ingin hanya cerdas namun tidak memiliki akhlak yang baik,"jelasnya.

Disisi lain, Ketua GOW Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra mengatakan, bundo kanduang memiliki peran penting dalam kehidupan, menjadi pemimpin wanita yang sangat dihormati, serta menjadi panutan bagi masyarakat, dimana  bundo kanduang punya peran penting dalam meningkatkan dan memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar mengerti nilai-nilai kehidupan.

"Kami sangat apresiasi sekali kegiatan bundo kanduang masuk ke sekolah ini,"ujarnya.

Turut hadir, Ketua GOW Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Ketua LKAAM, Ketua KAN, Ketua Bundo Kanduang, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solok, serta undangan lainnya.(basa)