Ini Dia Sosok Arsitektur Pembuatan Astaka MTQ Tingkat Provinsi Riau ke XL

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Jika kita menghadiri pembukaan dan bertandang melihat Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Riau XL (40) maka kita melihat bangunan Astaka Utama Lancang Kuning berdiri megah di arena MTQ di Taman Budaya Batu Enam Bagan Punak Bagansiapiapi Rokan Hilir.

Ternyata Arsitek perencana Astaka tersebut merupakan Arsitektur lokal dan terbaik dari Bagansiapiapi, Rohil sejak menamatkan pendidikan di sebuah Universitas di Surakarta, Solo.

Dia adalah Riyandi Syah Putra (39) kelahiran Bagansiapiapi anak kedua dari empat bersaudara dari ayah bernama Asno pensiunan ASN dengan Rosna Wati (almarhum) seorang guru di SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi.

Riyandi Syah Putra menamatkan pendidikanya di SDN 006 Bagan Barat Tahun 1995, kemudian melanjutkan pendidikanya di SMPN 1 Bangko Bagansiapiapi dan lulusan Tahun 1998 lalu melanjutkan pendidikan ke
SMAN 1 Bangko Bagansiapiapi dan lulus Tahun 2001.

Usai menamatkan pendidikanya di SMAN.1 Bangko lalu melanjutkan pendidikan ke Universitas Surakarta dan berhasil menyelesaikan kuliahnya Tahun 2006 lalu.

Sejak lulus inilah sang Sarjana Teknik ini memulai karirnya sebagai arsitek dan banyak mendapat pesanan untuk merancang bangunan sesuai latar belakang pendidikannya di Universitas Surakarta ini.

Buah kerja yang di rancang Riyan Syah Putra ini diamanahkan merancang Market dan pengerjaan Astaka Lancang Kuning sebagai Astaka Utama helat MTQ Tingkat Provinsi Riau XL (40) yang resmi dibuka Gubri Drs.H.Syamsuar, Minggu (24/7/2022) malam lalu.

Miniatur Lancang Kuning ini dibuat dengan memiliki Panjang 38 Meter sedangkan Lebar 8 Meter memiliki 12 layar masing-masing tiang layar memiliki ketinggian 12 Meter.

Hal ini mencerminkan 12 Kabupaten dan Kota di Riau dengan warna cat kuning melambangkan Kejayaan Riau dan di lengkapi dengan 7 anak tangga.

Saat berbincang dengan reporter media ini, Selasa (26/7/2022), Riyan Syah Putra menuturkan pengerjaan astaka lancang kuning MTQ Provinsi Riau ini dibuat oleh 11 orang tukang pandai kapal yang  berpengalaman membuat kapal atau perahu benaran.

" Dikerjakan dalam masa satu bulan sehingga akhirnya rampung seratus  persen dan selesai dengan baik beberapa hari menjelang hari H, " aku Arsitek muda ini.

" Alhamdulillah, awalnya dari adanya pesanan meminta membuatkan market astaka untuk MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022, ya kita buatkan dengan baik, " ujar Riyan suami dari Dwi Arianti dan ayah dari Athifa, Hisyam dan Nahdan.

Saat berbincang dikediamanya di Jalan Durian Bagan Jawa Pesisir Bagansiapiapi, Riyandi Syah Putra mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wabup H.Sulaiman SS.MH atas kepercayaan dan memberi ruang untuk ekpresi yang telah di berikan tersebut.

" Terimakasih Pak Bupati Afrizal Sintong, Pak Wabup H.Sulaiman SS.MH dan Bapak Asnar Plt Kadis PUTR atas kepercayaan ini, berkat amanah dan ruang yang diberikan kepada saya, " aku Riyan Syah Putra.

Riyan juga berterima kasih atas animo masyarakat dan pengunjung atas komentar dan penilaiannya tersebut.

" Ini tidak terlepas dari tujuk ajar, masukan dari Bapak Bupati dab Wabup Rohil yang terus memantau pembuatan astaka ini, " pungkas Riyansyah Putra. (HY)


Tulis Komentar