Sekda Bustami Membuka Gebyar Perpustakaan dan Kearsipan Se-Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS (Surya24.com) - Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY menghadiri sekaligus membuka acara Gebyar Perpustakaan dan Kearsipan Se-kabupaten Bengkalis, Rabu (27/7/22) di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis.

Dalam sambutannya H Bustami HY menyambut baik pelaksanaan Gebyar Perpustakaan dan Kearsipan ini sebagai langkah untuk memunculkan semangat para pengelola perpustakaan, yang selama ini telah mendedikasikan diri didunia literasi tanpa kenal lelah dan menyerah. Serta kesempatan berharga bagi pengelola perpustakaan untuk menciptakan inovasi dalam upaya meningkatkan kesadaran melek literasi dalam meningkatkan kualitas dari perpustakaan itu sendiri.

"Selain itu, Gebyar ini juga menjadi salah satu wadah menarik minat masyarakat, terutama bagi generasi muda bangsa, untuk lebih banyak mengakses dunia literasi yang sejalan dengan tupoksi Dispersip itu sendiri dalam memberikan kesempatan dan dorongan melalui jasa  pelayanan perpustakaan agar mereka dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan, tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik, dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik, "jelas H Bustami HY.

Dibagian lain H Bustami HY juga menyampaikan tiga peran sentral perpustakaan dalam pembangunan, yakni sebagai pusat ilmu pengetahuan, pemberdayaan masyarakat, dan kebudayaan. Ketiga peran tersebut ketika berhasil dikolaborasikan secara baik, tentunya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Mengingat begitu penting dan strategisnya keberadaan perpustakaan, makanya, kehadiran perpustakaan sudah tidak pantas lagi dipandang sebelah mata, karena kontribusi besar yang bisa diberikan dalam membangun masyarakat berpengetahuan melalui ikhtiar kolektif untuk menumbuhkan tradisi dan budaya baca di dalam masyarakat.

"Makanya dalam kesempatan ini kami berharap kolaborasi, sinergi serta akselerasi semua pihak, tidak terkecuali bagi saudara kepala desa dan kepala sekolah, untuk ikut berpartisipasi melaksananakan program transformasi berbasis inklusi sosial yang dicanangkan Dispersip Bengkalis dalam mewujudkan pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dengan sararan, terwujudnya SDM yang unggul, mandiri dan berdaya saing sesuai misi Kabupaten Bengkalis,"pungkas H Bustami HY.(rls)