PT KPI Dumai Raih Peringkat Terbaik Audit SMP dari Ditpamobvit Korsabhara Polri

Ditpamobvit Korsabhara Polri lakukan audit SMP PT KPI Dumai raih peringkat emas (dok:ist)

DUMAI (Surya24.com) -‎ Polri telah melaksanakan audit Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) di lingkungan RU II, pada Selasa hingga Kamis (6-8/9/2022). Audit tersebut dilakukan Direktorat Pengamanan Objek Vital Korps Samapta Bhayangkara Badan Pemelihara Keamanan (Ditpamobvit Korsabhara).

Audit tersebut, bertujuan untuk mengukur dan memastikan penerapan SMP di PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) II Dumai telah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Palaksanaan audit ini berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Nomor 7 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Pengamanan Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu.

Berdasarkan hasil audit Ditpamobvit Korsabhara Kabaharkam Polri yang dibawah tanggung jawab Brigjen Pol Suhendri, SH,. S.I.K tersebut, PT KPI RU II Dumai berhasil meraih nilai 91,81 persen atau peringkat Baik Sekali/Emas.

"Pencapaian ini sungguh memuaskan karena penilaian ini sudah jauh meningkat jika dibandingkan dengan pada saat dilakukan pra-audit dan bintek bulan Juli lalu yang nilainya masih diangka 75,53 persen atau peringkat Baik/Perak," ujar Nurhidayanto, Senin (12/9/2022).

Teknik yang digunakan dalam pelaksanaan eksternal audit SMP ini terdiri dari interview, tinjauan dokumen kegiatan serta tinjauan lapangan terkait pelaksanaan kegiatan pengamanan perusahaan.

Prinsip-prinsip yang dinilai antara lain komitmen dan kebijakan, pola pengamanan, konfigurasi pengamanan, standar kemampuan pelaksanaan pengamanan, serta monitoring dan evaluasi.

"PT KPI RU II Dumai patut berbangga dengan pencapaian hasil eksternal audit kali ini. Semoga dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan scorenya hingga 100 persen atau FULL COMPLIANCE terhadap Perpol nomor 7 Tahun 2019," tutup Nurhidayanto.

‎ Tim pelaksanaan eksternal audit kali ini diketuai oleh Kombes Pol Yacobus Sukirno S.Sos., MH., dengan anggota Wadir Pamobvit Polda Riau, AKBP Rudi Asmiran S.I.K, Pamin Verifikasi Urkeu Korsabhara Baharkam Polri, Iptu Deden Darmanto SH., Auditor Profesional SMP, Ir. M. Dedi Murdiana S.ST., MK., dan Drs. Haryadi Fitri MM. (ridwan syafri)