Biar Kantong Ngga ;Robek'l Gegara BBM Naik, Irit Hindari Kebiasaan Ini? Biar Mobil Kamu Irit

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA(Surya24.com) -Hindari kebiasaan sepele ini kalau tidak mau konsumsi BBM malah jadi boros. Di tengah kenaikan harga BBM, ada hal yang bisa dilakukan untuk mensiasati agar mobil tidak boros BBM.

Selain faktor mesin dan kondisi mobil, ada kebiasaan yang masih sering dilakukan bikin konsumsi BBM jadi boros. Salah satunya yakni mengisi mobil dengan muatan semaksimal mungkin.

   Adrianto Sugiarto Abadi, Advisor Konsultan Keselamatan Jalan PT Karya Fajar Ultima (KyFU) menilai kebiasaan di Indonesia mengisi mobil dengan muatan berlebih banyak dilakukan untuk akomodasi maksimal.

"Mobil jenis apapun, terutama 7 penumpang yang cenderung luas yang penting muat," ungkapnya dikutip otomotifnet.com.

Menurut Adrianto, spesifikasi mobil sudah tertera load index yang wajib diperhatikan.

Dimana setiap mobil memiliki batasan load index yang sudah disesuaikan dengan peak performance mobil secara keseluruhan.

 

"Muatan berlebih membuat beban kerja mesin lebih besar baik untuk akselerasi maupun kondisi stop and go," papar Adrianto.

Masih menurut Adrianto, dengan beban kerja mesin yang lebih besar butuh usaha ekstra untuk mengimbangi laju mobil seperti normal.

Yaitu dengan menginjak pedal gas lebih dalam atau menggunakan gigi rendah.

"Putaran mesin yang dihasilkan lebih tinggi, yang artinya pengabutan bahan bakar lebih banyak untuk menghasilkan tenaga," terang Adrianto.

 

"Konsumsi BBM boros dengan range kilometer per liter yang lebih pendek," sambungnya.

Mengisi mobil dengan muatan berlebih juga menyimpan bahaya dari segi keselamatan perjalanan.

"Pengereman lebih jauh, manuver limbung, mudah kehilangan kestabilan, hingga impact tabrakan lebih besar," jabar Adrianto.***