Sanimar Afrizal Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Rohil

f ist

ROHIL (Surya24.com)-Sanimar Spd yang juga istri Bupati Rohil Afrizal Sintong,Rabu (14/9/2022) dikukuhkan sebagai Bunda Literasi (membaca) Kabupaten Rokan Hilir. Pengukuhan dilakukan Bupati Rohil Afrizal Sintong di Bagansiapiapi.

   Turut dan dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani, Sekdakab Rohil Feri H Parya, kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil dan amat se-Rohil dan undangan lainya.

    Sanimar Afrizal dalam sambutannya menyampaikan mohon dukungan semua pihak atas amanah dengan sebutan Bunda Literasi/baca untuk Kabupaten Rohil.

"Ini merupakan program pengembangan membuudayaksn minat baca dan Perpustakaan, " Aku Sanimar Spd.

   "Melalui pengembangan perpustakaan,sarana belajar jelas berfungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelititan dan berproses," aku Sanimar Spd.

  "Untuk berjalan baik,mohon dukungan lalu mari kerjasama,besinergi untuk warga Rohil demi sinegritas seluruh elemen dalam menumbuh kembangkan semangat Litersi masyarakat," katanya.

  Kedepanya menurut Sanimar, berkelanjutan antara perpustakaan, Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan,Kepenghuluan dan Dasa Wisma melalui program dan kegiatan yang strategis.

  Sanimar juga tidak lupa meminta,Bunda Literasi Kecamatan agar mengajak guru PAUD sebagai garda terdepan, meningkatkan minat baca sejak usia dini, menumbuhkan minat anak jangan sampai putus sekolah SD,SMP dan SMA sederajat.

   Diwaktu yang sama Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nasir mengucapkan selamat kepada Sanimar Afrizal atas diangkatnya sebagai Bunda Literasi/baca di Kabupaten Rohil.

  "Bunda Literasi harus berkolaborasi, bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Dinas Perpustakaan, Penggerak PKK, Kecamatan, Kepenghuluan dan sekolah mulai dari TK, SD serta SMA. Bunda literasi merupakan salah satu organisasi berfungsi meningkatkan minat gemar membaca, bersinergi dengan Dinas Perpustakaan," harap Mimi Yuliani.

Data di rangkum dari berbagai sumber, Rohil memiliki 1.053 institusi pendidikan dari PAUD, Playgroup, kelompok bermain, TPS, TPA,SD, SMP, SMA SMK dan telah mempunyai perpustakaan meski belum terakreditasi.

   Saat menyampaikan kata sambutan, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengaku gerakan literasi merupakan upaya pemerintah memperkuat sinergitas antar pelaku literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuh kembangkan budaya minat baca.

   "Tujuanya meningkatkan budaya literasi ekosistem pendidikan dalam pembelajaran sepanjang hayat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Generasi Emas Indonesia Tahun 2045," kata Afrizal Sintong. (HY)