Jangan Kaget Ini Koleksi Mobil Jenderal Polisi Paling Kaya di Indonesia

Kapolda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal Polisi Teddy Minahasa Putra (Dok: Polda Sumatera Barat/viva.co.id)

JAKARTA (Surya24.com) – aya hidup mewah anggota Polri sedang menjadi sorotan publik, hingga menjadi pembahasan di DPR terkait hedonisme tersebut. Terkait pakaian, jam tangan, kendaraan yang digunakan anggota menjadi perbincangan.

Melansir viva.co.id, presenter kondang, sekaligus jurnalis, Najwa Shihab sempat menyingung gaji, dan tunjangan polisi yang sudah memiliki jabatan. Dianggap barang-barang mewah yang digunakan mereka tidak sesuai dengan pendapatannya.

Jika menelusuri dari data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), tercatat ada beberapa polisi yang memiliki kekayaan dengan nilai fantastis. Salah satu yang menarik perhatian adalah Kapolda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal Polisi Teddy Minahasa Putra, yang mengantongi harta kekayaan hingga Rp29 miliaran berdasarkan laporan pada Maret 2022.

Berkaca dari data LHKPN, jenderal bintang dua itu menjadi polisi paling kaya di Indonesia, bahkan jauh lebih tajir dibandingkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dari angka tersebut, aset terbesar yang dimiliki Kapolda Sumbar itu adalah tanah, dan bangunan senilai Rp25 miliaran. Tersebar di 53 tempat yang didominasi berada di daerah Malang, dan Pasuruan.

Kemudian koleksi kendaraan di garasi rumahnya, tercatat ada tiga unit mobil, dan satu unit moge yang secara total mencapai Rp2 miliaran. Artinya bukan kendaraan sembarangan, karena tergolong kelas premium.

Mobil mewah Teddy modelnya kerap digunakan off-road. Pertama adalah Jeep Wrangler lansiran 2016 seharga Rp750 juta, Land Cruiser FJ 55 buatan 1970 seharga Rp75 juta, dan Land Cruiser 1996 senilai Rp600 juta.

Tidak ada informasi terkait JK miliknya yang menjadi koleksi mobil termahal. Merangkum dari beberapa sumber, mobil buatan Amerika Serikat itu adalah generasi ketiga, hadir dalam beberapa varian di Indonesia. Jeep sebagai pabrikan menawarkan mobil itu dalam edisi dua pintu, empat pintu, dengan spesifikasi berbeda.

Pertama kali diproduksi 2007, hingga 2018 mobil off road tersebut sudah dilengkapi kontrol traksi, dan stabilitas. Secara dimensi Wrangler JK generasi ketiga itu lebih besar, dan diklam pengendaliannya lebih lincah, meski tetap mempertahankan kaki-kaki rigid, dan desain bodi yang kaku dilengkapi over fender bahan plastik. Jantung pacunya mendapatkan perubahan cukup besar untuk edisi 2014 ke atas, menyesuaikan aturan emisi di negara asalnya.

Mesin enam silinder berkapasitas 3.600cc milik JK diklaim lebih efisien, dengan transmisi matik 6-percepatan.***