Ilmuwan Ungkap Bahan Bangunan Piramida Mesir dan Sesuai Alquran

(Dok: Wikimedia Commons)

JAKARTA (Surya24.com) - Piramida menjadi salah satu bangunan yang terdaftar sebagai keajaiban dunia. Baik Alquran dan Sains, keduanya mengungkapkan bagaimana ia terbentuk.

Dirangkum dari berbagai sumber, harian Amerika Times edisi 1 Januari 2006 memberitakan hasil penelitian dan mengatakan bahwa piramida dibuat dengan menggunakan tanah liat.

Tanah liat itu dipanaskan, maka akan terbentuk batuan keras yang membuatnya tidak dapat dibedakan dengan batuan alam. Ilmuwan menjelaskan, Firaun ialah penguasa yang mahir dalam bidang ilmu kimia untuk memproses tanah liat.

Melansir okezone.com, sebelumnya, profesor Gilles Hug dan Dr Michel Barsoum mengatakan, Piramida dibangun dengan menggunakan batuan asli serta batu yang diciptakan dari tanah liat.

Sementara, ilmuwan asal Prancis, Profesor Davidovits, memaparkan penelitian serupa dengan memanfaatkan mikroskop elektron. Davidovits menemukan bahwa batu piramida dibuat dari lumpur.

Dia menerangkan, lumpur tersebut berasal dari lumpur kapur yang diberi garam, lalu dipanaskan. Setelah itu, diletakan di tempat yang telah disediakan di tembok piramida.

 

Ilmuwan lain asal Belgia juga meneliti piramida selama bertahun-tahun. Ia menemukan bahwa piramida diciptakan dengan mengandalkan tanah liat.

Fakta-fakta itu, terungkap secara jelas dalam Alquran yang diturunkan 14 abad lalu. Allah berfirman dalam salah satu ayat bahwa Firaun membangun bangunan yang tinggi dari tanah liat yang dibakar.

??????? ?????????? ??????????? ????????? ??? ???????? ?????? ????? ?????? ????????? ?????????? ???? ????????? ????? ????????? ????????? ????? ??????? ??????????? ????????? ?????? ?????? ???????? ????????? ??????????? ???? ?????????????

"Dan berkata Fir’aun: ‘Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta," bunyi Surah Al-Qashash Ayat 38.

Berdasarkan kutipan ayat tersebut, dapat diketahui Alquran telah lebih dahulu menyebutkan Piramida Giza terbuat dari tanah liat.

Kemudian, tujuan Firaun membuat bangunan tinggi dari tanah liat seperti Piramida, yakni supaya bisa melihat Tuhan Nabi Musa. Firaun ingin membuktikan, apakah di langit ada Tuhannya Nabi Musa atau tidak.***