Layar Smartphone Gerak-gerak Sendiri Ngga Usah Bingung? 9 Cara Mengatasinya

(Dok: iStock/gorodenkoff)

JAKARTA (Surya24.com) - Pengguna smartphone touchscreen mungkin pernah mengalami layar handphone (hp) bergerak sendiri. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah ghost touch.

Hal tersebut membuat pengguna jadi kesulitan ketika ingin mengakses aplikasi dan fitur tertentu di hp. Namun tak perlu khawatir, sebab ada cara mengatasi layar smartphone gerak sendiri.

Melansir NextPit, ghost touch adalah kondisi ketika layar smartphone bergerak sendiri tidak sesuai dengan perintah yang Anda berikan ke layar.

Misalnya, smartphone membuka fitur kamera, padahal Anda tidak menyentuh layar dan mengetuk fitur tersebut.

Melansir cnnindonesia.com, selain bergerak sendiri, layar smartphone yang tidak merespons perintah sentuhan Anda juga masuk kategori ghost touch. Contohnya, Anda membuka aplikasi A, namun hp justru tidak membuka aplikasi tersebut.

Penyebab Layar Smartphone Gerak Sendiri

Sebelum menuju cara mengatasi layar smartphone gerak sendiri, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab ghost touch. Mengutip Carlcare Service, ada beberapa penyebab ghost touch yang umum terjadi.

 

Cuaca sangat panas atau dingin bisa memengaruhi sensitivitas layar hp. Pelindung layar tidak sesuai, misalnya pelindung layar tidak terlalu kuat menempel ke layar sehingga memungkinkan partikel air, debu, dan kotoran masuk ke sela layar dan pelindungnya atau pelindung layar dengan kualitas di bawah standar.

Charger tidak sesuai juga bisa membuat layar smartphone bergerak sendiri. Baik itu menggunakan charger kendor maupun palsu.

Kesalahan saat memperbaharui perangkat lunak alias update software. Penyebab ini jarang dialami, tetapi pernah terjadi di beberapa kasus.

Smartphone kemasukan air. Sebab, air dapat merusak sensitivitas dan sistem layar sentuh di smartphone sehingga membuat layar bergerak sendiri.

Lihat Juga :

Melansir Technipages, berikut cara mengatasi layar hp yang mengalami ghost touch atau gerak sendiri.

1. Bawa hp ke ruangan suhu normal

Jika masalah layar bergerak sendiri karena faktor cuaca yang terlalu panas atau dingin, maka segera bawa smartphone Anda ke ruangan dengan suhu normal. Hal ini akan mengembalikan sensitivitas dan kemampuan operasi sistem hp ke kondisi normal.

Jangan lupa untuk melepas pelindung hp jika Anda menggunakannya. Tujuannya, untuk mengurangi panas pada hp.

 

2. Restart hp

Cara mengatasi layar hp bergerak sendiri juga bisa dengan memuat ulang alias restart hp. Sebab, hal ini bisa memulihkan kinerja sistem operasi smartphone.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mematikan hp selama beberapa saat, lalu menyalakannya lagi.

3. Update software dan aplikasi

Cara mengatasi layar smartphone gerak sendiri selanjutnya bisa dengan update software dan aplikasi yang digunakan. Caranya, buka Pengaturan di hp, lalu update software, baik iOS maupun Android.

Setelah itu, buka App Store atau Google Play Store dan update semua aplikasi yang ada di hp Anda.

4. Scan malware

Ghost touch juga mungkin terjadi karena ada malware atau virus. Untuk mendeteksinya, Anda bisa menuju ke Google Play Store, kemudian tuju profil akun Anda dan ketuk Play Protect untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang mengandung malware atau virus. Jika ada, segera bersihkan dengan hapus data di sampah serta jangan gunakan aplikasi itu lagi.

5. Matikan fitur Gestures

Cara menghilangkan ghost touch iPhone bisa dengan mematikan fitur Gestures. Sebab, kehadiran fitur ini di bagian layar smartphone bisa menambah kemungkinan ghost touch pada hp Anda.

6. Ganti LCD

Jika berbagai cara mengatasi layar smartphone gerak sendiri sudah Anda lakukan, namun ghost touch tetap terjadi, maka gantilah LCD hp Anda. Mungkin saja, kerusakan pada sensitivitas layar sudah cukup parah, sehingga perlu diganti

7. Pakai charger berkualitas

Pastikan Anda selalu menggunakan charger yang berkualitas atau berasal dari toko resmi (original). Jangan gunakan charger palsu alias KW yang kerap dijual lebih murah di pasaran.

Sebab charger palsu memiliki voltase dan arus yang tak stabil. Hal ini dapat mengakibatkan smartphone jadi lebih cepat rusak, termasuk muncul error pada layar hp.

8. Jaga kebersihan layar dan lepas pelindung

Untuk menghindari ghost touch, Anda juga disarankan untuk selalu membersihkan layar smartphone. Jika Anda menggunakan pelindung layar yang tidak sesuai, maka sebaiknya lepaskan.

9. Reset ke setelan pabrik

Cara mengatasi layar smartphone gerak sendiri berikutnya adalah dengan melakukan reset ke setelan pabrik. Cara ini ampuh untuk mengatasi masalah ghost touch yang tidak kunjung hilang dengan update software.***