Teori Relativitas Waktu Albert Einstein dalam Sudut Pandang Alquran

(Dok: NASA)

JAKARTA (Surya24.com) - Teori relativitas waktu yang dicetuskan oleh sosok Albert Einstein telah menggemparkan dunia sains, ternyata Alquran juga sudah membahas persoalaan yang sama.

Teori relativitas diungkapkan oleh Einstein pada awal abad ke-20. Ia menyatakan waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan.

Sebelumnya, tulis okezone.com, tidak pernah ada seorang pun yang mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas. Ketika itu, tidak ada yang mengetahui bahwa waktu adalah sebuah konsep relatif. Waktu juga dapat berubah menyesuaikan keadaannya. Kini teori relativitas menjadi fakta yang terbukti secara ilmiah.

 

Terkait teori relativitas ini, sebagaimana dikutip dari buku "Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik" karya Ramadhani dan kawan-kawan, kitab Alquran disebut telah memberi informasi tentang waktu yang bersifat relatif, dan termuat dalam beberapa ayat berikut.

 

"Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu."(QS Al Hajj: 47)

 

"Dia mengatur urusan dari langit ke Bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS As Sajdah: 5)

 

"Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya 50 ribu tahun." (QS Al Ma’arij: 4)

 

"Allah bertanya: Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di Bumi? Mereka menjawab: Kami tinggal (di Bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. Allah berfirman: Kamu tidak tinggal (di Bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui." (QS Al Mu’minun: 112–114)

Ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa kitab suci Alquran telah menyebutkan tentang teori relativitas waktu yang jauh sebelum Einstein.***