564 Kafilah Putra dan Putri Berhasil Memukau Hingga Pendengar Menangis

MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok Berjalan Sukses

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Sebanyak 564 Kafilah dari Tiga Belas Kelurahan yang ada di Kota Solok, bertanding dan saling berpacu menunjukkan kemerduan suaranya dalam melantunkan bacaan Ayat Suci Al Qur'an. Mereka adalah para calon penghuni Sorga Allah yang menjadi peserta Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok. Suara mereka sangat memukau, hingga ada yang menangis saat mendengarkannya.

Sesuai agenda kegiatan yang disusun oleh panitia acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke - 40 tingkat kota Solok, MTQ tahun 2022 itu diselenggarakan selama empat hari kedepan yakni, dimulai pada 21 Oktober 2022, hingga 24 Oktober 2022. Kegiatan dilaksankan di sebelas tempat yang berbeda yang tersebar di kecamatan Tanjung Harapan kota Solok.

Ditetapkanya tempat pelaksanaan MTQ Nasional ke-40 Tingkat kota Solok itu, dipilih dan disepakati dalam rapat  panitia pelaksana kegiatan, diantaranya  GOR Tanjung Paku, Masjid Nurul Huda Tembok Kelurahan Nan Balimo, Masjid Nurul Falah Kelurahan Tanjung Paku, Masjid Darussalam Kelurahan Nan Balimo, Masjid Raudhatul Jannah Kelurahan Pasar Pandan Airmati, Masjid An Nur Kelurahan PPA, Masjid Nurul Yaqin Kelurahan Kampung Jawa, Masjid Al Ihsab Kelurahan Tanjung Paku, dan SMPN 1 Kota Solok, SMPN 2 Kota Solok serta SMPN 3 Kota Solok.

Dalam kemasannya, Panitia Pelaksana MTQ tahun 2022 itu, mempertandingkan
seni membaca Al Qur'an yang meliputi beberapa cabang perlombaan yang akan diikuti oleh Kafilah putra dan putri yang berdasarkan usianya masing masing,  diantaranya, perlombaan dicabang Tilawah, cabang Tartil, cabang Tahfiz, cabang MSQ, cabang MFQ, cabang Khutbah Jumat, cabang Kaligrafi, cabang Kitab Standar, dan perlombaan dicabang Tafsir serta M2IQ.

Sesuai laporan yang disampaikan oleh panitia pelaksana MTQ Nasional Ke-40 Tingkat kota Solok, adapun jumlah peserta yang akan berpacu melantunkan ayat Suci Al Qur'an adalah sebanyak 564 Kafilah yang berasal dari tiga belas kelurahan yang ada dikota Solok. Sebanyak 298 orang kafilah peserta Putra dan 268 orang Kafilah peserta Putri, dan dari jumlah yang ada, terdiri dari anak anak dan para remaja.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan pelantikan serta pengukuhan dewan hakim dan panitera MTQ Nasional tahun 2022 tersebut, dalam hal itu, pembacaan sumpah jabatan dipandu oleh wakil walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra. Pengukuhan dilaksanakan pada Jum'at, 21 Oktober 2022, di GOR Tanjung Paku, kecamatan Tanjung Harapan kota Solok. Turut hadir pada malam itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Afrizal Thaib, para dewan hakim dan panitera yang dikukuhkan, serta para tamu yang menerima  undangan untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam melantik dan mengukuhkan Dewan Hakim dan Panitera MTQ tahun 2022 itu, wakil walikota Solok berkapasitas sebagai ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) daerah setempat. Dalam arahannya yang disampaikannya, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra berharap kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses, dan para Dewan Hakim dan Panitera dalam MTQ Nasional Tingkat Kota Solok ke-40, dapat menjalankan amanah dengan baik dan menjadi Dewan Hakim terbaik dari seluruh gelaran MTQ Nasional Tingkat Kota Solok.

"Mari bersama kita menyukseskan gelaran MTQ ini. Saya sangat meyakini, Dewan Hakim merupakan orang-orang yang memiliki kualitas dan kapabilitas terbaik di bidangnya masing-masing. Keputusan Dewan Hakim adalah keputusan mutlak. Kami yakin para dewan hakim akan profesional dan terpercaya dalam melakukan penilaian nantinya," imbuh wakil walikota Solok.

Lebih jauh orang nomor dua dipemeintahan itu mengatakan, kegiatan atau pelaksanaan MTQ itu, selain untuk menggalakkan cinta Al Qur'an dalam upaya lebih mendekatkan lagi masyarakat kepada Allah yang menciptakan, kegiatan yang diselenggarakan juga dalam rangka untuk mencari dan meyaring bibit-bibit terbaik yang akan menjadi kontingen Kota Solok dalam ajang MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar pada Tahun 2023 nanti di Kabupaten Solok Selatan.

Sebelum dikukuhkannya dewan hakim dan Panitera MTQ Nasional ke-40 tahun 2022 tingkat kota Solok, terlebih dahulu pemerintah kota Solok melalui panitia pelaksana kegiatan, menggelar resepsi pembukaan kegiatan. Secara resmi MTQ dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, dalam hal itu diwakili oleh Asisten I Setda Provinsi Sumbar, Devi Kurnia. Turut hadir pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, Yufrizal, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar serta Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra. Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Sumbar.

Dalam mewakili Gubernur Sumatera Barat, Asisten I Setdaprov Sumbar, Devi Kurnia mengatakan, penyelenggaraan MTQ ini merupakan wujud keinginan dalam membumikan Al Quran serta menegakkan ajaran Islam. Dalam ajaran Islam, Al Quran merupakan pedoman hidup yang harus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan. Ajang ini akan menampilkan para kafilah putra dan putri terbaik Kota Solok, dan nantinya mereka yang berhasil dan dinilai mampu, akan mewakili kota Solok pada ajang MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat nantinya.

MTQ bukan hanya sebagai ajang perlombaan, namun sebagai jalan agar semakin mencintai Al Qur'an dan meningkatkan kesadaran beragama dengan berlandaskan Adat Basandi Syara, Syara badandi Kitabullah. Dikatakannya, Para Qari dan Qariah ini merupakan para bibit manusia unggul yang berkepribadian Islami dan Qur'ani.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, Yufrizal sangat mengapresiasi kepada Pemko Solok yang telah menyelenggarakan MTQ Kali ini. Alhamdulillah, Provinsi Sumatera Barat berada di Posisi 5 besar dari 34 provinsi di Indonesia dalam MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

"MTQ diharapkan bisa mengamalkan nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan sehingga menciptakan generasi berakhlakul karimah. Tahun ini Sumbar juga akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional Korpri. Semoga dapat berjalan sukses dan meraih prestasi," sebutnya.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, MTQ Nasional Tingkat Kota Solok ini secara rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an, sekaligus menemukan bakat-bakat potensial di Kota Solok untuk dikembangkan menghadapi MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 nantinya.

Kita tentu berharap prestasi Kafilah MTQ Kota Solok di tingkat Sumbar akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, penyelenggaraan MTQ yang dipusatkan di Kecamatan Tanjung Harapan ini merupakan momentum untuk melakukan seleksi awal terhadap semua kafilah yang akan dipersiapkan untuk MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang akan datang.

Pelaksanaan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai yang Qur’ani, sekaligus meningkatkan peran berbagai lapisan masyarakat untuk merealisasikan Visi dan Misi Kota Solok dalam rangka meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

"Semoga dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini kita akan mampu melahirkan generasi yang Qur’ani, keluarga yang sakinah dan taat kepada Allah SWT menuju Solok Kota Beras Serambi Madinah yang “Berjuara” (Berkah, Maju dan Sejahtera). Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur," ungkap walikota Solok.

Pada kesempatan itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra melaporkan, kegiatan bersyiar dakwah Islamiyah berupa MTQ ini merupakan salah satu event dan momentum mendekatkan diri kepada Kitab Suci Al Qur'an yang harus dijadikan pedoman dalam hidup dan kehidupan.

MTQ bukan sekedar kegiatan rutin untuk mempertunjukkan dan mempertandingkan seni baca Al Qur'an namun untuk mendekatkan umat kepada Al Qur'an melalui gerak, lisan, diiringi keshalehan demi mempertebal keimanan dan keislaman. Adapun tujuan MTQ, sebut Ramadhani, adalah untuk menyeleksi dan mempersiapkan Qari dan Qariah, Hafiz dan Hafizah serta Mufassir dan Mufassirah terbaik dari seluruh kelurahan se-Kota Solok untuk mewakili dan menjadi kontingen Kota Solok dalam ajang MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Dengan terselengranya MTQ Nasional tahun 2022 tingkat kota Solok itu,  diharapkannya dapat menumbuh kembangkan gairah para generasi muda Islam agar lebih meningkatkan upaya untuk menggali, mengembangkan serta mencintai seni yang bernuansa Islam sekaligus melestarikannya sebagai aset budaya bangsa.

Sesuai Lampiran Surat Keputusan Koordinator Dewan Hakim MTQ Nasional Ke-40 Tingkat Kota Solok Tahun 2022, dengan Nomor  :  /Kpts-KDH/MTQ-39/2022, Tentang : Terbaik I, II, III, dan Harapan I pada MTQ Nasional Ke-40
Tingkat Kota Solok Tahun 2022.

Pada CABANG TILAWAH
Tilawah Golongan Kanak-kanak Putra
Juara 1 jatuh pada kelurahan Simpang Rumbio atas nama FATAN SAVERIO AL GIFARI. Juara II jatuh pada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama SIDDIQ GAZALI, Juara III jatuh pada kelurahan Koto Panjang atas nama RAVAKA AMIRU RABBANI. Harapan I jatuh pada kelurahan Nan Balimo atas nama AZZA AL GHAZALI TSAQIB.

Tilawah Golongan Kanak-kanak Putri,
Juara I jatuh kepada kelurahan Simpang Rumbio atas nama AZALIA SAFIRA DZAHIN. Juara II jatuh kepada kelurahan VI Suku atas nama AMIRA SOFIYA AZHARI. Juara III jatuh kepada kelurahan Nan Balimo atas nama FATIMAH AZZAHRA, dan harapan I jatuh kepada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama KESHIA SYAFIRA.

Tilawah Golongan Anak-anak Putra
Juara I jatuh kepada kurahan Kampung Jawa atas nama AZAM AL FARISI. Juara II jatuh kepada kelurahan Aro IV Korong atas nama M. TSAKIF ELFAYYAD. Juara III jatuh kepada kelurahan Kampai Tabu Karambia atas nama AFRIYAN OKTORA. Sementara itu untuk harapan I jatuh kepada kelurahan Siapa Piliang atas nama SYARIF AQIL QOWWIMA.

Tilawah Golongan Anak-anak Putri
Juara I jatuh kepada kelurahan Pasar Pandan Airmai atas nama HAFIZATUL ILMI. Juara II jatuh kepada kelurahan Tanah Garam atas nama IZZATULLAH DEDE. Juara III jatuh kepada kelurahan IX Korong atas nama RIANTI OKTAVIZA, sementara itu harapan I jatuh kepada kelurahan VI Suku atas nama GHISELLA SENTIANA D.

Tilawah Remaja Putra Juara I jatuh pada kelurahan Nan Balimo atas nama RIYAN DIKA ANUGRAH. Juara II jatuh pada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama WAHYU KENZO PUTRA. Juara III jatuh pada kelurahan Laing atas nama M. RISKI. Harapan I jatuh pada kelurahan Tanjung Paku atas nama REVO DWI ARIA.

Tilawah Remaja Putri Juara I jatuh pada kelurahan Tanah Garam atas nama MAHARANI. Juara II jatuh pada kelurahan Kampai Tabu Karambia atas nama DIANA ZAHARA. Juara III jatuh pada kelurahan VI Suku atas nama NADIRA SALSA PUTRI. Harapan I jatuh pada kelurahan Tanjung Paku atas nama ALMI ASRI KHAIRIZA.

Tilawah Dewasa Putra Juara I jatuh pada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama JULIADI PUTRA. Juara II jatuh pada kelurahan Kampai Tabu Karambia atas nama HENDRA. Juara III jatuh pada kelurahan Aro IV Korong atas nama
MEMPERIZAL. Harapan I jatuh pada kelurahan Nan Balimo atas nama
FIRMANSYAH AKHYAR.

Tilawah Dewasa Putri Juara I jatuh pada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama ANISA WAHYUNI. Juara II jatuh pada kelurahan Tanah Garam atas nama
DIANA ROHMAWATI. Juara III jatuh pada kelurahan Tanah Garam atas nama
SITI AINUR RAHIM. Harapan I jatuh pada kelurahan IX Korong atas nama JUSFA MARLINA.

Tartil Dasar Putra Juara I jatuh pada kelurahan Tanjung Paku atas nama KHAIRUL ABRAR JOHAR Juara II jatuh pada kelurahan Kampung Jawa atas nama M. IKBAL Juara III jatuh pada kelurahan Tanah Garam atas nama GENTA AURELLIO A. Harapan I jatuh pada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama ABDUL NUR HAFIZ.

Tartil Dasar Putri Juara I jatuh pada kelurahan Tanjung Paku atas nama
LATIFAH SAFIQ MUFIDA. Juara II jatuh pada kelurahan Nan Balimo atas nama
SHOFI ANANDA PUTRI. Juara III jatuh pada kelurahan Pasar Pandan Airmati atas nama AYIN NADA SYA. Harapan I jatuh pada kelurahan Simpang Piliang atas nama SYARIFAH AQILA QOWIMA. (basa)