Ini 9 Rekor Fantastis Tinju yang Mustahil Dipecahkan, Simak Yuk!

(Dok:The Sun)

JAKARTA (Surya24.com) - Sembilan rekor tinju yang mustahil dipecahkan petinju hebat akan dibahas dalam artikel kali ini yang mengejutkan salah satunya milik Manny Pacquiao.

Dari rekor tinju 56 pertandingan beruntun Joe DiMaggio atau gelar juara dunia Manny Pacquiao di delapan divisi.

Melansir sindonews.com, berikut 9 rekor tinju yang mustahil untuk dipecahkan petinju lain.

9. Juara Dunia Termuda: Wilfred Benitez Pada bulan Maret 1976, Wilfred Benitez menjadi juara dunia termuda dalam sejarah ketika ia merebut gelar kelas welter ringan WBC dari Antonio Cervantes pada usia 17 tahun.

Dia masih enam bulan lagi untuk menginjak usia 18 tahun. Dia memiliki teman sekelas sekolah menengah yang duduk di barisan depan.

Dalam kasus Benitez, ia memenangkan sabuknya dalam persaingan historis melawan pemain hebat sepanjang masa di divisi tersebut. Cervantes memegang sabuk untuk sebagian besar dekade.

Benitez kemudian naik untuk merebut gelar kelas welter, yang ia kalahkan dari Ray Leonard. Pada Mei 1981 ia mengalahkan Maurice Hope untuk gelar kelas menengah ringan, menjadi juara tiga divisi termuda dalam sejarah.

8. KO Beruntun Terlama Termasuk Kejuaraan Dunia: Wilfredo Gomez

Ada rentetan KO yang lebih lama dari Wilfredo Gomez, tetapi tidak satu pun dari petarung itu yang menjadi juara dunia, mengumpulkan hasil kerja mereka di level teratas olahraga ini.

Setelah bermain imbang dalam debut profesionalnya, Gomez mengalahkan 32 lawan berikutnya. Selama empat tahun itu, dia menjadi juara kelas bantam super WBC. Setelah mencatat rekor 32-0-1 dengan 32 KO, Gomez melompat ke kelas bulu untuk menantang legenda Meksiko Salvador Sanchez.

Dalam salah satu pertarungan besar Puerto Rico-Meksiko sepanjang masa, Gomez menelan kekalahan pertama dalam kariernya dengan TKO.

Setelah kekalahan itu, Gomez menang delapan kali berturut-turut melalui penghentian. Dia kemudian naik ke kelas bulu dan memenangkan keputusan bulat pertama dalam karirnya atas Juan Laporte untuk merebut sabuk. Sebelum pensiun, ia akan merebut gelar dunia ketiga di kelas bulu super.

Menurut perkiraan saya sendiri, Gomez adalah bintang Puerto Rico terbesar sepanjang masa. Deontay Wilder saat ini berada dalam jarak serang dari rekor ini, dengan 32 KO langsung. Tapi dia belum melawan penantang sejati, apalagi memenangkan kejuaraan, sementara Gomez mencatat 13 KO terakhir secara beruntun dalam pertarungan gelar juara dunia.

7. Juara Dunia Tertua:

Bernard Hopkins

Bernard Hopkins pernah juara bertahan kelas berat ringan WBA dan IBF. Hopkins bukan hanya juara tertua dalam sejarah tinju saat usia 49 tahun 94 hari, dia juga atlet profesional tertua yang bersaing di level tinggi.

Kebanyakan petinju profesional elite berakhir pada usia pertengahan hingga akhir 30-an. Umur panjang Hopkins adalah bukti pelatihan dan pengkondisiannya yang disiplin selama bertahun-tahun, dan gaya cerdiknya, yang telah membatasi kerusakan yang dia terima.

Tapi dia juga mulai mengklaim bahwa dia adalah "alien" akhir-akhir ini, dan mungkin ada sesuatu untuk itu. Saya siap untuk mulai mempertimbangkan penjelasan fiksi ilmiah untuk Hopkins pada saat ini.

Hopkins menghadapi juara WBO yang ganas Sergey Kovalev pada bulan November. Itu pertarungan yang berbahaya bagi siapa pun, apalagi pria berusia 49 tahun. Tetapi jika mungkin bagi seorang pria seusia itu untuk bersaing dengan monster seperti Kovalev, Hopkins akan menjadi orangnya.

6. Gelar Juara Dunia Paling Banyak di Kelas Berbeda: Manny Pacquiao

Penggemar terbesar Manny Pacquiao cenderung memanfaatkan terlalu banyak gelar juara dunianya di delapan divisi. Mereka menunjuknya sebagai bukti bahwa dia adalah bintang pound-for-pound terbesar sepanjang masa.

Itu pernyataan yang berlebihan. Di era saat ini, gelar dunia jauh lebih mudah didapat daripada di era sebelumnya. Dan sabuk kelas menengah ringan Pacquiao seperti yang dimenangkan pada kelas tangkapan 150 pon, empat di bawah batas kelas menengah ringan yang sebenarnya.

Tetap saja, ini adalah pencapaian luar biasa yang sama saja, dan tidak mungkin ditandingi atau dilampaui. Untuk memasukkannya ke dalam konteks, Pacquiao memenangkan gelar dunia pertamanya di kelas 50 kg.

Itu berarti dia naik 17 kg, lebih dari sepertiga dari berat tubuhnya, untuk memenangkan gelar terberatnya.

  1. Paling Sering Juara Kelas Berat Tak Terbantahkan: Muhammad Ali Evander Holyfield telah memegang gelar kelas berat dunia lima kali, dan itu sendiri akan menjadi rekor yang sulit untuk dikalahkan.

Holyfield harus sangat bagus untuk waktu yang lama, di divisi yang sangat sulit, untuk mencapai rekor itu. Tetapi rekor yang lebih sulit dipecahkan adalah tiga kali Muhammad Ali menjadi juara kelas berat yang tak terbantahkan.

Cukup sulit untuk menjadi juara tak terbantahkan di era kegilaan saat ini. Untuk berkuasa tiga kali sebagai juara yang tak terbantahkan sangat tidak mungkin. Untuk melakukannya, Muhammad Ali mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964.

Satu dekade kemudian, ia mengejutkan dunia dengan mengalahkan George Foreman untuk menjadi orang kedua (setelah Floyd Patterson) yang mendapatkan kembali mahkota kelas berat.

Setelah kehilangan sabuk juara dari Leon Spinks dalam pertandingan epik pada tahun 1978, Ali merebut kembali gelar dalam pertandingan ulang langsung.

  1. Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang: Jimmy Wilde Dijuluki "The Might Atom," Welshman Jimmy Wilde dianggap sebagai salah satu kelas terbang terbesar yang pernah ada dan salah satu petinju top yang pernah diproduksi Inggris.

Antara debut profesionalnya pada tahun 1910 dan kekalahan pertamanya pada tahun 1915, Wilde mengumpulkan rekor 103 pertarungan tak terkalahkan.

Tentu saja, banyak dari pertarungan ini terjadi dalam ketidakjelasan dan tidak ada yang terjadi di luar Inggris. Tak diragukan lagi, rekor tak terkalahkan paling mengesankan dalam sejarah tinju adalah milik raja pound-for-pound, Sugar Ray Robinson.

Setelah kekalahan pertamanya dari Jake LaMotta pada tahun 1943, Robinson tidak pernah kalah sampai tahun 1951. Selama waktu itu ia mengumpulkan gelar kelas welter dan kemudian kelas menengah sambil tidak terkalahkan dalam 91 pertarungan berturut-turut.

  1. Pertarungan dan Kemenangan Terbanyak dalam Karier: Len Wickwar Rekor ini adalah salah satu yang sebenarnya sulit ditentukan dengan akurasi yang tepat. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tinju merupakan olahraga yang dilarang.

Itu dilarang langsung di beberapa daerah dan harus disajikan sebagai ekshibisi di tempat lain. Jadi menentukan catatan lengkap untuk tokoh seperti George Dixon atau Joe Gans tidak sepenuhnya mungkin.

Tetapi para peneliti yang bekerja dengan Boxrec tidak kenal lelah dalam menyisir arsip surat kabar, dan mereka mewakili basis data yang paling akurat. Dan catatan mereka sendiri menemukan bahwa Len Wickwar yang ringan memiliki pertarungan profesional paling terverifikasi dari petinju mana pun, serta kemenangan terbanyak.

Antara 1928 dan 1947, Wickwar mengumpulkan rekor 339-86-42, dengan total 467 pertarungan. Ini adalah salah satu rekor yang tidak akan pernah tersentuh.

  1. Knockout Terbanyak dalam Karier: Archie Moore Ini adalah rekor tinju lain yang jauh di luar jangkauan dari apa yang mungkin terjadi bagi para petarung kontemporer. Dalam karier yang berlangsung selama tiga dekade, "The Old Mongoose" Archie Moore adalah petarung kelas atas dari kelas menengah hingga kelas berat dan memenangkan 183 pertarungan profesional, 131 melalui penghentian.

Nomor 1 Diakui Buku Rekor Dunia Moore adalah seorang veteran licik yang membawa kekuatannya bersamanya saat berat badannya bertambah. Dia bisa dibilang petinju kelas berat ringan terbesar yang pernah hidup dan memegang gelar di sana selama dekade terakhir karirnya, saat berkampanye di puncak divisi kelas berat di waktu luangnya.

Moore juga satu-satunya petarung yang pernah menghadapi Muhammad Ali dan Rocky Marciano.

  1. Gelar Terbanyak Dipegang Bersamaan di Kelas Berat yang Berbeda: Henry Armstrong Jika Anda tidak menganggap Sugar Ray Robinson sebagai petarung pound-for-pound terhebat yang pernah ada, hanya ada satu alternatif yang benar-benar valid: Henry Armstrong.

 

Dia melakukan apa yang tidak pernah dilakukan atau akan dilakukan oleh petarung lain. Untuk periode waktu yang singkat pada tahun 1938, Armstrong berkuasa sebagai juara dunia yang tak terbantahkan di kelas bulu, ringan dan menengah, semuanya pada waktu yang sama.

Di era ketika hanya ada satu juara dunia per divisi, Armstrong adalah raja yang tidak perlu dipertanyakan lagi.