Ingin Tahu Usia Berapa Idealnya Anak-anak Masuk SD? Orang Tua Wajib Tahu

(Dok: Pixabay/stokpic)

JAKARTA (Surya24.com) - Berapa usia ideal anak untuk mulai masuk SD? Biasanya orangtua bakal langsung memasukkan anak ke Sekolah Dasar setelah mereka lulus Taman Kanak-kanak (TK).

Hanya saja tak sedikit anak yang ternyata punya kendala masuk SD lantaran usia. Untuk masuk ke jenjang ini, ada berbagai persyaratan yang perlu Bunda perhatikan.

Melansir cnnindonesia.com, anak yang sudah berada di tingkat SD biasanya mengalami perkembangan fisik dan motorik, tak terkecuali perkembangan kepribadian, watak, emosional, intelektual, dan bahasa. Tak hanya itu, anak di tingkat SD juga memiliki moral yang meningkat dengan pesat.

Selain memilih sekolah yang tepat, Bunda juga perlu memperhatikan usia Si Kecil sebelum memasukkannya ke SD Negeri.

Meski begitu, Psikolog sekaligus Dosen UI, Rose Mini Agoes Salim mengatakan bahwa kematangan anak untuk masuk sekolah ternyata tidak hanya diukur berdasarkan usia. Masing-masing anak memiliki tahap dan proses kematangan yang berbeda, Bunda.

"Kalau stimulasi bagus anak pasti matang ke sekolah. Kenapa usia 7 tahun matang karena itu diambil pada usia kematangan rata-rata," katanya.

 

Jadi berapa usia ideal anak masuk SD?

Berdasarkan Permendikbud No.51 Tahun 2018 yang dikutip lamansetkab.go.id, dijelaskan bahwa calon peserta didik baru kelas 1 SD harus berusia 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Calon peserta didik memiliki usia paling rendah 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan jika memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa dan kesiapan psikis.

Hal ini harus dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Namun, jika tidak mendapatkan rekomendasi dari psikolog, maka rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru.***