Ini Resep Hotteok Khas Korea, Roti Goreng Pipih Isi Kacang dan Gula

(Dok: Shutterstock)

JAKARTA (Surya24.com) - Hotteok biasa disebut pancake manis khas Korea. Namun, bahan hotteok seperti roti karena menggunakan tepung terigu protein tinggi dan ragi. Tekstur hotteok pun lembut dan mengembang, sedangkan rasanya gurih dan manis karena menggunakan kacang dan gula. Resep dari Tasty.co menggunakan kacang kenari tetapi kamu dapat menggantinya dengan kacang tanah yang lebih mudah dibeli.

Melansir kompas.com, kunci kesuksesan membuat hotteok adalah telaten karena adonan roti ini sangat lembek, butuh waktu untuk membentuknya. Kalau sudah siap membuat hotteok, simak resep berikut.

Resep hotteok khas Korea

Bahan hotteok

240 ml air hangat

1 bungkus ragi kering aktif

310 gram tepung terigu protein tinggi

4 sdm minyak biji anggur (bisa diganti pakai minyak goreng) 1 sdt garam

Bahan isi

30 gram kenari, cincang halus 2 sdm sirup maple 3 sdm gula turbinado atau brown sugar 1/2 sendok teh garam 1/2 sendok teh ekstrak vanili

Cara membuat hotteok khas Korea

Dalam mangkuk stand mixer, campurkan air hangat dan ragi.

Diamkan selama sepuluh menit sampai berbusa. Tambahkan tepung, dua sendok makan minyak, dan garam. Aduk dengan kecepatan sedang sampai adonan menyatu menjadi bulat, sekitar 10 menit.

Tutup mangkuk dengan serbet dapur atau bungkus plastik. Diamkan adonan pada suhu kamar selama satu jam atau hingga mengembang dua kali lipat.

Sembari menunggu adonan mengembang, buat isian. Campurkan kenari, sirup maple, gula, garam, dan vanili ke dalam mangkuk kecil. Aduk hingga semua bahan menyatu.

Bagi adonan menjadi delapan. Gulung setiap bagian menjadi bola, lalu ratakan sampai agak pipih selebar delapan hingga sepuluh sentimeter.

Ambil satu sendok teh isian ke bagian tengah setiap adonan, tutup adonan dan bentuk bulat. Panaskan dua sendok makan minyak dalam wajan antilengket di atas api sedang-tinggi.

Setelah minyak berkilau, letakkan adonan di atas wajan. Segera pipihkan dengan hotteok press atau spatula. Lanjutkan menekan sampai bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan, sekitar dua menit.

Balik pancake dan masak hingga sisi lainnya berwarna coklat keemasan. Ulangi dengan pancake yang tersisa, tambahkan lebih banyak minyak ke wajan sesuai kebutuhan.***