Meriahkan Hari Pahlawan, Siswa SD 11 Tanah Garam Kota Solok Lakukan Parade Fashionshow

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 turut dimeriahkan oleh keluarga Besar SD 11 Tanah Garam Kota Solok. Para siswa kelas satu hingga kelas enam, bergaya bagaikan Pragawan dan Pragawati kondang dan menunjukan kebolehannya dengan berpakaian ala pahlawan.

Parade Fashionshow ini mengangkat tema " Kearifan Lokal Dalam Memaknai Hari Pahlawan 10 November 2022 ". Sementara itu kegiatan yang dikemas denga rapi tersebut, bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Selain keluarga Besar SD11 Tanah Garam, peringatan Hari Pahlawan itu turut dihadiri oleh Kepala Dimas Pendidikan Kota Solok pada kesempatan itu diwakili oleh Kasi SD, Yuniarti.Mpd, Tim Adiwiyata Kota Solok, serta seluruh wali murid dan warga setempat.

Dari liputan media ini, Sabtu, 12 November 2022, di sekolah tersebut, kedatangan para tamu itu, disambut dengan tari Pasambahan yang dibawakan oleh siswa kelas Lima, dengan menyuguhkan secarik sirih dalam carano tamu dipersilahkan menduduki tempat yang telah disediakan.

Dalam sambutannya kepala SD 11 Tanah Garam, Maimuharma, S.Pd mengatakan, suksesnya kegiatan itu, tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan yang dibangun oleh semua majelis guru yang ada, dan didukung oleh para wali murid dan komite sekolah.

Menurut Maimuharma, seluruh kegiatan yang ditampilkan oleh para siswa itu, sengaja dikemas dengan nuansa kepahlawanan, dengan tujuan untuk mengingatkan dan memberitahukan tentang pahlawan kepada para siswa sejak dini.

" Kami ingin menerapkan rasa persatuan dan kesatuan sejak dini kepada mereka, dan diharapkan nilai nilai yang ada dihari pahlawan ini, dapat diimplementasikan dalam kehidupannya sehari hari " imbuh kepala sekolah tersebut.

"Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan mejadi pahlawan untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,"katanya.

Jadikan semangat dan nilai nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar semangat dan nilai nilai luhur pahlawan dapat diimplementasikan.

Sementara itu mengawali sambutan kepala dinas pendidikan kota Solok yang dibacakan oleh Yuniarti.Mpd, menyampaikan apresiasi atas inisiatif dan gagasan keluarga besar SD 11 Tanah Garam kota Solok dalam memperingati dan memeriahkan Hari Pahlawan Ke -77 dikota Solok.

Dikatakannya, ini adalah kegiatan yang spektakuler dan dipenuhi dengan makna dan nilai nilai luhur pahlawan yang dapat menjadi contoh dan motifasi bagi siswa sebagai pembelajaran.

Mengakhiri paparannya, Kasi SD pada dinas pendidikan itu membacakan amanah menteri sosial RI, Tri Rismaharini. Dikatakannya secara nasional Peringatan Hari Pahlawan kali ini bertemakan " Pahlawan Ku Teladan Ku.

Makna dari tema itu, mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang kembali jasa jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan perjuangan yang dilakukan tampa mengharap balasan apapun.

Dessy Fhatri.S.pd selaku penyusun dan pembawa acara dalam peringatan Hari Pahlawan tersebut.(Basa)