Ridwan Safri Sosok Tepat Pimpin Bapera Kota Dumai

DUMAI (Surya24.com) – Bapera merupakan organisasi masyarakat terbilang baru, namun sepak terjangnya sudah mulai bergema di beberapa daerah. Barisan Pemuda Nusantara kepanjangan Bapera merupakan organisasi masyarakat (ormas) yang bergerak mandiri dan independen.

Hanya menghitung hari, Bapera Kota Dumai akan dikukuhkan dan sosok dipercaya menerajuinya adalah Ridwan Safri. Sepertinya sosok satu ini orang paling tepat diberikan tanggungjawab dalam mengembangkan roda ormas Bapera di Kota Dumai. Karena ada beberapa hal menjadi barometer sebagai indikator dalam memberi penilaian.

Hal tersebut seperti disampaikan Pimpinan Perusahaan PT. Media Kesatuan Bangsa (MKB) Zainal Arifin kepada penulis Sabtu, (19/11/2022) disalah satu tongkrongan kopi. Sudah lama kenal dengan Ocu, (sapaan akrab Ridwan Safri), seperti Adek sendiri sehingga paham betul dengan karakter dan sepak terjangnya, lurus dan bersahaja tidak neko-neko.

“Ocu figur tepat memimpin Bapera di Dumai, yakin jika Bapera ke depannya akan maju karena sosok tersebut dalam segala urusan tidak neko-neko, penilaian ini diberikan tidak dengan membabi buta tetapi dengan pengalaman selama bertahun berteman, sama-sama menggeluti Dunia Jurnalistik”. ungkap owner media online Lineperistiwa.com dan Riauperistiwa.co.id.

Seraya menyerumput kopi dari gelas, sosok yang akrab disap Bang Pen lanjutkan kata-kata “Belum pernah terbetik kabar ada permasalahan terjadi mengaitkan nama Ocu, apakah saat menjalankan profesi selaku insan pers atau dalam melekoni keseharian diluar itu, rasanya belum pernah malah sebaliknya banyak kinerja dan terobosan sejatinya di apresiasi, contoh sederhana saja waktu beliau menahkodai Forum Gabungan Wartawan (FORGAN) sebuah wadah membawahi Jurnalis lokal Kota Dumai”.

“Begitu pula keterlibatannya dalam salah satu wadah kuli tinta terbesar yaitu Persatuan Wartawan lndonesia (PWI) Kota Dumai, belum terdengar ada pertelagahan atau konflik sesama rekan Jurnalis tergabung atau di tingkat pengurus, karena seperti diketahui Ocu termasuk salah satu pengurus juga”. paparnya lagi.

“Kesimpulannya, Ocu sosok yang tepat ditunjuk sebagai Ketua dan tidak ada keraguan untuk itu, niscaya Bapera akan eksis dan berkembang di Dumai dan saya sebagai Abang sangat mendukung, semoga sukses dalam setiap pergerakan”. tutup Bang Pen.

Adanya penilaian positif disampaikan salah satu sosok Jurnalis kawakan, penulis menghubungi Ridwan Safri alias Ocu melalui pesan WhatsAap dan berikut tanggapan diberikan. Sangat berterima kasih atas apa yang diucapkan Bang Zainal, apa kabar beliau sekarang karena sudah lama juga tidak ketemu dan ngopi bersama”. sebutnya melalui percakapan WhatsAap.

“Sampaikan dengan Bang Zainal saya ucapkan terima kasih atas supportnya dan doakan agar keberadaan Bapera kelak bisa eksis dan berkontribusi terhadap seluruh elemen masyarakat Dumai”. sampainya pada kesempatan berbeda.

Baru-baru ini ada pemberitaan menyudutkan Ocu yang katanya melakukan kudeta terhadap seseorang yang mengklaim mendapat mandat. Namun saat disinggung terkait persoalan tersebut Ocu tidak banyak berkomentar, hubungi saja pengurus DPD Bapera Provinsi, karena kewenangan ditangan mereka kita hanya menjalankan mandat.

“Persoalan itu tanyakan saja ke Provinsi karena wewenang ada di mereka (DPD Provinsi Riau), kita hanya menjalankan mandat yang diberikan, sekarang ini prioritas kita bagaimana nantinya pengukuhan berjalan lancar dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan”. ringkasnya.

Seperti sikap Ocu terhadap klaim seseorang yang menjelekkan dirinya tidak menjadi masalah dan begitu penting. Karena seperti sikap yang ditunjukkan kepada penulis ia tidak memusingkan hal tersebut. Ibarat pepatah yang tepat digunakan Ocu menurut penulis “Anjing Mengonggong Kafilah Tetap Berlalu”.

Mungkin Ocu beranggapan, nantinya orang akan tahu duduk persoalan sebenar dan tak perlu hal-hal seperti itu dilayani. Biarlah waktu yang memproses semua akan terungkap sesuai fakta, kita sebagai orang luar hanya menanti akhir dari cerita. Kelak siapa yang benar dan siapa salah jelas dengan sendirinya. Namun perlu digaris bawahi publik sekarang sudah cerdas dan bisa menilai dengan cermat.(Zulkifli)