Ini 5 Pulau Angker Jadi Sarang Hantu di Indonesia SERAM!

Ilustrasi Pulau (tangkapan layar Youtube Daftar Populer)

JAKARTA (SURYA24.COM)J - Negara Indonesia dikenal dengan Negara kepulauan, karena banyaknya pulau yang tersebar dipenjuru tanah air.

Jumlah Pulau-pulau yang ada di Indonesia terhitung ribuan, data pastinya kurang lebih 17 ribu pulau berdasar data Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut.

Melansir suara.com, diantara ribuan pulau itu, terdapat pulau-pulau yang tak berpenghuni yang berkesan pulau angker dengan jumlah yang sangat banyak.

Pulau-pulau tersebut tidak hanya menjadi kekayaan tersendiri bagi Indonesia, namun juga terdapat khazanah unik yang menyertainya.

Salah satu hal uni yang menarik untuk disimak adalah adanya kisah horor di pulau-pulau tak berpenghuni itu.

Melansir kanal Youtube Daftar Populer pada 15 Oktober 2022, berikut beberapa pulau terseram di Indonesia yang memiliki kisah mistis.

1. Pulau Galang

Pulau ini terletak di kepulauan Riau, letak jaraknya 40 KM dari kota Batam. Pulau Galang ternyata menyimpan kisah misteri.

Cerita misteri pulau Galang berawal ketika Pulau tak berpenghuni ini menjadi tujuan pengungsi dari negara Vietnam. Pengungsi yang kabur dari negara Vietnam karena tidak tahan dengan keadaan perang yang menimpanya pada waktu itu.

Banyak para pengungsi vietnam yang tidak bisa bertahan hidup di Pulau tersebut akibat berbagai penyakit. Banyak pengungsi yang meninggal di pulau Galang.

Cerita mistis muncul tatkala ada seorang perempuan Vietnam yang bunuh diri akibat depresi menjadi korban ruda paksa oleh sesama pengungsi.

Semenjak itu Pulau Galang menjadi pulau angker karena hantu perempuan yang bunuh diri itu kerap kali menghantui dan menjadi cerita horor tersendiri.

Bahkan ketika para pengungsi kembali ke negara vietnam, suasana pulau Galang tambah angker sebab peninggalan sisa bangunan terbengkalai menambah kesan horor.

2. Pulau Kembang

Pulau ini berada di provinsi Kalimantan, tepatnya berada di Kalimantan Selatan.

 

Masyarakat banjar percaya bahwa pulau Kembang merupakan Pulau yang terbentuk dari sisa-sisa kapal Inggris yang kram dan kalah saat perang melawan kerajaan Banjar dulu.

Kepercayaan itu yang membuat pulau Kembang dipercaya berhantu, hantu para perajurit inggris yang gugur.

Pulau Kembang juga dijuluki sebagai pulau Kera, konon dulunya ada petugas kerajaan yang ditugaskan untuk menjaga pulau ini, namun penjaga itu tiba-tiba menghilang secara gaib.

Menghilangnya penjaga itu sejalan dengan kemunculan sepasang kera yang berkembang biak menjadi penghuni pulau sampai sekarang.

3. Pulau Barung atau Nusa Barung

Pulau itu letaknya berada di Jawa Timur. Pulau ini terkenal indah. Namun banyak orang yang tak berani mendiami pulau indah ini.

 

Cerita horor pulau ini berawal pada tahun 1777 terjadi perang saat penduduk Belanda yang ingin menguasai kekayaan sumber daya di Pulau ini, Belanda mengusir penduduk di pulau ini untuk keluar dari Pulau.

Penduduk awal pulau ini percaya bahwa Pulau Barung dipercaya dihuni oleh Ular Raksasa gaib yang menjaga Pulau ini. Diyakini ular ini sesekali menampakan diri.

4. Pulau Cipir di Kepulauan Seribu

Pulau cipir dikenal dengan sebutan Pulau Kayangan. Di Pulau ini terdapat sisa-sisa bangunan bersejarah peninggalan VOC Belanda.

Pulau ini dekenal juga sebagai pulau rumah sakit tempatnya karantina calon jemaah haji zaman dulu yang beroperasi pada tahun 1911-1933.

 

Berbeda pada zaman penjajahan Jepang, Pulau ini digunakan sebagai tempat eksekusi pada tahun 1942-1945.

Dengan latar belakang seperti itu, tak heran jika Pulau Cipir terkenal akan pulau yang memiliki kisah mistis, dipercaya Pulau ini banyak dihuni mahluk-mahluk halus, yang terkenal adalah adanya mahluk halus dengan perawakan buaya berkepala manusia.

5. Pulau Tidung Kecil

Pulau yang juga berada dalam gugusan pulau seribu ini juga dikenal angker.

Pulau Tidung memiliki sejarah yang menarik, penamaan Tidung berawal dari pengasingan seorang Raja dari Suku Tidung Kalimantan Timur bernama Raja Pandita yang diasingkan oleh kolonial Belanda di Pulau ini.

Cerita mistis di pulau Tidung ini adalah tentang mitos jika tersesat di Pulau ini saat malam, tidak akan bisa kembali pulang, karena Pulau ini dikelilingi makhluk gaib dan akan dikelabui oleh mereka.***

Sumber: Kanal Youtube Daftar Populer