MERINDING! Ini 4 Museum Saksi Sejarah Pembantaian dan Pembunuhan Keji di Indonesia

(Dok: Wikimedia/Tropenmeseum)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Museum sebagai tempat tersimpannya barang-barang di masa lampau, juga menjadi medium pengenalan akan sejarah, seringkali dianggap memiliki kisah mistis di dalamnya.

Kemistisan tersebut dikaitkan dengan adanya patung atau benda kuno yang dianggap memiliki penunggu-nya. Hal ini yang membuat beberapa museum di bawah ini dianggap angker.

1. Museum Lubang Buaya

Museum satu ini menjadi saksi bisu atas peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965. Banyak patung-patung replika yang dibangun di museum ini untuk menjadi pengingat atas kejadian nahas tersebut.

Melansir suara.com, kesaksian penjaga dan pengunjung, ada sosok penampakan tantara berlumuran darah yang kerap terlihat di malam hari. Bahkan pernah ada pengunjung yang mengalami kesurupan karena melanggar peraturan; dilarang berteriak di dekat sumur lubang buaya.

2. Museum Pos Indonesia

Terletak di belakang Gedung Sate, Museum yang menyimpan berbagai perangko dari seluruh dunia, alat surat-menyurat, hingga surat dari raja-raja pada masanya, diklaim telah berusia ratusan tahun. Namun, bukan hal ini yang membuat Museum Pos ini dianggap angker. Melainkan dari adanya patung-patung yang ada.

Patung-patung di dalam Museum ini terdapat juga di ruang bawah tanah. Konon, saat ditatap, patung-patung tersebut seolah-olah menatap balik pada yang menatapnya. Bahkan, ada yang bilang bahwa patung ini bergerak pada malam hari.

3. Museum Bahari

Museum yang menyimpan banyak koleksi perahu; yang dulunya menajdi Gudang penyimpanan rempah-rempah VOC dan sejarah pelayaran Indonesia. Museum ini tergolong tua, suasananya pun agak lembab.

Menurut pengakuan masyarakat sekitar, sering terdengar suara-suara aneh dari dalam museum saat malam hari. Mulai dari suara isak tangis, tertawa, sampai dengan derap langkah kaki pasukan. Bahkan, Museum ini pernah dijadikan lokasi uji nyali.

4. Museum Fatahillah

Museum yang juga dikenal sebagai museum sejarah Jakarta ini, dulunya merupakan kantor pemerintahan kolonial Belanda. Sekitar tahun 1740-an, pernah terjadi peristiwa kelam, yakni pembantaian sekaligus pembunuhan keji yang dilakukan oleh rezim Belanda terhadap warga keturunan Tionghoa. Peristiwa yang terjadi tersebut terjadi tepat di alun-alun depan museum

Konon, sebenarnya museum ini masih menyimpan banyak ruangan tersembunyi yang sampai saat ini masih belum ditemukan. Mungkin banyaknya kisah mistis di dalam museum ini karena banyaknya peristiwa kelam yang telah terjadi di Kawasan museum tersebut.

Itu dia beberapa museum yang konon memiliki banyak kisah mistis di dalamnya. Tertarik untuk mengunjungi salah satunya?***

Kontributor: Shafa Maura Zahwa