Ini 4 Tips Olah Sushi Goreng untuk Jualan Bun?

Ilustrasi sushi salmon mentai. (dok: SHUTTERSTOCK/fikrymuhtadi)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sosis merupakan salah satu bahan makanan cepat saji yang dapat diolah menjadi beragam makanan. Olahan sosis goreng, tumis, ataupun bakar sepertinya sudah umum dijumpai di pasaran. Guna menarik perhatian pembeli kamu perlu inovasi sosis yang unik dan jarang ditemui di pasaran.

Melansir kompas.com, salah satu olahan sosis kekinian yang bisa dicoba untuk ide jualan yaitu sushi goreng.

Daging sosis yang padat dan lezat dapat kamu peroleh dari sosis premium Frankfurter Fiesta. Pada saat live cooking Gedor di Instagram @My.Foodplace, ada empat tips yang perlu diketahui sebelum membuat sushi goreng untuk jualan.

Berawal dari Warung Tenda, Street Sushi Sukses Buka 19 Gerai

  1. Jagalah kebersihan Memulai usaha dengan berjualan nyatanya tidak hanya tentang modal awal dan kualitas bahan. Kamu juga perlu menjaga kebersihan dapur produksi. Mulailah dengan memastikan semua alat dan bahan yang digunakan bersih, supaya makanan yang disajikan tidak hanya enak, tetapi juga higienis. Selain kebersihan alat dan bahan, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan orang yang akan mengolah makanan.

Cara ini bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti memastikan rambut terikat rapih supaya tidak ada bagian rambut yang jatuh ke dalam makanan.

  1. Jangan goreng sosis beku Sosis yang masih beku sebaiknya didiamkan di suhu ruang sekitar 10 menit terlebih dahulu sebelum digoreng. Rasa daging pada sosis akan lebih terasa apabila sosis digoreng dalam keadaan suhu ruang dibanding digoreng dalam keadaan beku.
  2. Tips bikin nasi sushi Tekstur nasi untuk isian sushi sedikit berbeda dengan nasi putih pada umumnya. Ini dapat dilihat dari tekstur nasi yang pulen karena menggunakan beras Jepang.

Guna mendapatkan konsistensi nasi sushi yang lengket, kamu bisa menggunakan cara alternatif yaitu dengan menambahkan sedikit air atau larutan agar agar tawar pada nasi. Cara ini dapat membantu agar nasi sushi bisa lengket dan tidak berantakan saat digulung bersama nori.

Untuk campuran nasi sushi, kamu juga bisa menambahkan sedikit mirin halal agar rasanya lebih gurih. Aduk mirin halal dengan nasi sesaat sebelum nasi digulung bersama nori.

  1. Pakai telur omega Sebaiknya gunakan telur omega untuk membuat dadar sebagai pelapis isian sushi. Selain rasanya lebih enak, telur omega juga akan memberikan warna kuning yang lebih bagus.

Akan tetapi bila kamu tidak punya telur omega, bisa diganti dengan telur ayam biasa.***