Jasad Ibu Keluarga Kalideres Alami Mumifikasi, Terlihat Terawat: Polisi Ungkap Anak Tewas Terakhir

(Dok: Rumondang Naibaho/detikcom)

JAKARTA (SURYA24.COM)  - Polisi masih terus menyelidiki kasus kematian satu keluarga Kalideres, Jakarta Barat, yang ditemukan 'mengering'. Temuan terbaru menyebutkan bahwa kondisi Reni Margaretha (68) mengalami mumifikasi, terlihat terawat.

"Pada saat di TKP, posisi Dian adalah di dalam kamar bersama jenazah ibunya yang sudah terjadi mumifikasi, terlihat terawat," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi saat dihubungi, Sabtu (26/11/2022).

Melansir detik.com, Hengki Haryadi mengungkapkan alas tidur tempat jenazah ibunya ditemukan dalam kondisi rapi.

"Maksudnya alas tidurnya rapi, kasurnya rapi. Ada kain di bawah jenazah ibunya," ujar Hengki.

Sementara itu, jenazah si anak, Dian (42), ditemukan di samping jasad ibunya. Kondisi kamar tempat keduanya ditemukan terkunci dari dalam.

"Jenazah Dian ada di sebelahnya sambil memeluk guling, dan kamar di kunci dari dalam," ungkapnya.

Saat ditanya apakah kemungkinan Dian yang merawat jasad ibunda hingga akhir hayat, Hengki Haryadi enggan berspekulasi. Ia mengatakan pihaknya masih menyelidiki secara mendalam terkait temuan ini bersama tim ahli forensik.

"Nanti yang simpulkan ahli psikologi forensik. Namun penyelidikan kami secara deduktif, Dian sangat dekat dengan ibunya," imbuh Hengki Haryadi.

Penyebab Kematian Masih Ditelisik

Sebelumnya diberitakan, penyelidikan kasus kematian satu keluarga yang tewas 'mengering' di Kalideres, Jakarta Barat, sudah berjalan selama dua pekan. Polisi hingga saat ini belum menyimpulkan motif hingga penyebab kematian korban.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan penyelidikan kematian keluarga Kalideres masih berjalan. Penyidik dari Polda Metro Jaya menggandeng sejumlah ahli untuk mengungkap motif dan penyebab kematian keluarga Kalideres.

"Kami bersama-sama jadi seperti yang disampaikan kemarin terkait motif dan sebab kematian itu masih didalami sampai sekarang. Karena ini butuh waktu," kata Hengki Haryadi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (24/11).

Tewas Terakhir

Dibagian lain, Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkap temuan baru terkait kasus kematian satu keluarga Kalideres yang ditemukan 'mengering'. Dari hasil penyelidikan, korban Dian (42) diduga meninggal terakhir.

"Dugaan kuat yang meninggal terakhir adalah Dian, putri Rudiyanto dan Reni Margaretha," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/11/2022).

Jasad Dian ditemukan di dalam kamar bersama jasad ibunda, Margaretha. Kondisi jenazah ibunya sudah mengalami mumifikasi, namun terlihat terawat.

Hengki Haryadi mengatakan jasad Dian ditemukan di sebelah jasad ibunda. Dian ditemukan dalam kondisi memeluk guling.

"Dan jenazah Dian ada di sebelahnya sambil memeluk guling. Dan kamar di kunci dari dalam," ungkap Hengki.

Jasad satu keluarga berisi empat orang ini pertama kali ditemukan pada Kamis (10/11). Hasil autopsi menyebutkan keluarga Kalideres ini tewas karena tidak makan dan minum dalam waktu cukup lama.

Berbagai spekulasi soal penyebab dan motif kematian sekeluarga Kalideres bermunculan. Salah satunya tewas kelaparan.

Sementara polisi telah mendapatkan sejumlah temuan terkait kematian keluarga Kalideres. Akan tetapi, polisi belum memberikan kesimpulan akhir terkait motif dan penyebab kematian keluarga Kalideres ini.***