Bagaimana Teror Hantu Ivanna, Hantu Noni Belanda yang Penuh Amarah? Simak Ulasannya

(Dok:Twitter @WatchmenID) (@WatchmenID)

JAKARTA (SURYA24.COM) -Bandung adalah kota yang lekat akan cerita sejarah masa penjajahan dulu. Banyak momentum bersejarah yang lahir di Kota Bandung ini.

Melansir suara.com, bukan hanya kisah tentang heroik para pahlawan, namun juga terdapat kisah misteri dan kisah mistis peninggalan dari masa-masa penjajahan dulu.

Salah satu kisah mistis yang telah diangkat kepermukaan adalah tentang eksistensinya hantu noni belanda yang dikenal dengan nama Ivanna.

Kisah tentang sosok hantu ini diangkat berawal dari penuturan Risa Sarasvati yang memiliki kemampuan khusus yang bisa berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata, yang kemudian ia tuliskan kisahnya dalam bentuk Novel.

Diketahui Risa Saraswati dikenal sebagai seorang penulis, penyanyi sekaligus YouTuber yang memiliki kemampuan khusus. Yaitu bisa melihat maupun berkomunikasi dengan hal-hal tak kasat mata.

Risa menulis kisah hantu noni belanda ini dalam novelnya berjudul Ivanna van Dijk, nama lengkang sang hantu.

Melansir tayangan youtube Jurnal Risa yang tayang dengan judul "Ivanna Van Dijk Menjawab" Risa Saraswati bisa mengetahui latar belakang hantu Ivanna.

Latar belakang yang menyebabkan hantu Ivanna van Dijk selalu terlihat penuh amarah, kebencian, kesedihan serta dendam dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Dan tentunya menampakan diri dengan sosok yang menyeramkan.

 

"dia adalah salah satu hantu yang saya pikir sangat menteror karean dia selalu marah, selalu berang. Pokonya kalau dia ada disekitar kita bawaan mood nya gak enak banget," tutur Risa.

Sebenarnya Ivanna adalah sosok yang baik, ia mencintai keluarganya. Namun sayang kecintaan terhadap keluarganya itu ia rela berbuat apa saja. Termasuk menjadi mata-mata tentara Jepang.

Ia dendam terhadap Belanda, karena keluarganya berantakan akibat ketidak adilan bangsanya sendiri.

Semasa hidupnya hantu Ivanna van Dijk ialah salah satu korban ketidakadilan di masa transisi antara penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia.

Di Indonesia keluarga van Dijk sangat dekat dengan pribumi yang biasa mereka sebut inlander.

Dengan kedekatan keluarga van Dijk dengan pribumi, para penduduk Belanda yang menguasai Indonesia tidak suka bahkan mengucilkan keluarga van Dijk.

Puncaknya Banyak hal yang menyulitkan keluarga van Dijk saat orang-orang belanda banyak yang tahu kedekatan keluarga mereka dengan pribumi.

Suzie Ibu Ivanna meninggal karena sakit-sakitan. Melihat keluarganya berantakan, Ayah Ivanna Peeter van Dijk bunuh diri dengan tragis, dan adiknya Dimas van Dijk menghilang.

 

Hal ini menyisakan Ivanna seorang diri yang akhirnya memutuskan untuk menjadi wanita penghibur saat perpindahan kekuasaan Belanda ke Jepang sekitar tahun 1940an.

Bahkan petinggi militer Matsuya selalu setia menemuinya. Dari sinilah hubungan Ivanna dan Matsuya terjalin.

Ivanna yang sangat dendam dengan militer Belanda, terpaksa mengkhianati negaranya dengan menjadi mata-mata kepada Matsuya untuk memburu para pasukan Belanda yang tersisa di bumi Indonesia.

Hubungan tersebut berhasil membuat Ivanna menuntaskan balas dendam terhadap tentara Belanda. Namun suatu ketika Ivanna yang diketahui juga merupakan keturunan Belanda berakhir tragis.

Ivanna van Dijk pun meninggal setelah Matsuya seorang tentara Jepang memenggal kepala Ivanna dengan kejam dan sadis.

Hantu ‘Ivanna’ yang begitu kejam merupakan manifestasi kehidupan Ivanna yang sangat memilukan semenjak kedatangannya di Indonesia.

Dari situ, Risa mengetahui penyebab hantu Ivanna van Dijk terlihat selalu marah, sedih dan menyimpan dendam, bahkan dijadikan film ivanna Kisah hantu Ivanna ini pernah diangkat kelayar film pada Juli 2022 kemarin .

Cerita asli hantu Ivanna yang diangkat dari kisah nyata tentang teror hantu Ivanna van Dijk yang meninggal karena dibunuh secara keji.***

Sumber : youtube Jurnal Risa