Viral, Unggahan Rumah Mewah di Bandung Terbengkalai Disebut karena Pemiliknya Durhaka, Benarkah? Ini Penjelasannya

Foto Tangkapan layar rumah mewah yang terbengkalai di Bandung, Selasa (13/12/2022).( Dok:Instagram)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sebuah video menampilkan rumah mewah berwarna putih yang terbengkalai di Bandung, viral di media sosial pada Selasa (13/12/2022). Rumah mewah tersebut terbengkalai disebut karena pemiliknya durhaka terhadap ibunya.

"Kamu yang orang bandung tahu tidak rumah ini?? cr @irfan.jayani," tulis pengunggah dalam video.

Mengutip kompas.com, dalam video tersebut, seseorang mengatakan bahwa rumah itu telah ditinggalkan sejak 2018 oleh pemiliknya.

"Katanya rumah ini dulunya dihuni oleh seorang anak yang durhaka kepada orangtuanya, jadi kedua orangtuanya itu tinggal satu, ayahnya sudah meninggal. Tinggal ibunya, ketika dia menjadi miliader, dia mengusir ibunya dari rumah," ujar suara pria dalam video.

Terlihat juga bahwa halaman rumah telah dipenuhi rumput liar dan ilalang yang cukup tinggi. Hingga Selasa (13/12/2022), video itu sudah ditonton lebih dari 285.000 kali dan disukai sebanyak 4.801 kali oleh pengguna Instagram.

Lalu, benarkah rumah tersebut terbengkalai karena pemiliknya anak yang durhaka terhadap ibunya? Penjelasan pengunggah Video tersebut awal mulanya direkam dan diunggah oleh YouTuber Irfan Jayani. Saat dikonfirmasi, Irfan mengaku bahwa ia tidak tahu persis di mana lokasi rumah mewah itu.

"Untuk alamat, saya juga enggak tahu, karena bukan orang Bandung. Saya ke sana juga diantar orang Bandung," ujar Irfan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Ia mengatakan, hanya ikut-ikutan tren saja terkait kisah rumah mewah yang terbengkalai di Bandung. "Untuk narasi, karena ada video sebelum saya yang ke sana lebih dulu, fyp di TikTok. Saya ke rumah itu berdasarkan video-video yang sudah ada," lanjut dia.

Selain itu, Irfan mengaku tindakan dirinya yang merekam rumah mewah itu sudah mendapat izin dari security setempat.

Sementara itu, di salah satu komentar dalam unggahan video tersebut ada yang menyebut bahwa narasi anak durhaka pemilik rumah tersebut adalah hoaks.

Akun Instagram @infobandungrayaproperti mengatakan bahwa kisah atau cerita yang disebutkan dalam video viral itu adalah palsu. Menurut dia, pemilik rumah tersebut sempat meminta bantuan kepadanya untuk menjualkan rumah mewah itu.

"Hoaks.. konten kaya itu jangan dipercaya.. dulu rumah ini pernah minta bantu Jual lewat saya, bahkan hotel dekat situ sempat meminatinya.. ownernya keluarga sempat ketemu baik semua ko min, Hoak itu demi konten...," tulis admin @infobandungrayaproperti dalam kolom komentar.

Alasan rumah dijual Saat dikonfirmasi pemilik akun @infobandungrayaproperti mengatakan, ia sempat membantu menjualkan rumah tersebut pada sekitar tahun 2016-2016. Saat itu, rumah dengan gaya Mediterania Eropa tersebut masih terawat dan belum terbengkalai seperti saat ini.

Pihaknya juga membantah bahwa alasan rumah tersebut terbengkalai karena pemiliknya durhaka kepada ibunya.

"Bukan, alasan mereka pindah karena mau pindahan aset ke Jakarta, karena usahanya di Jakarta," ujar pemilik akun tersebut.

Dari sebuah akun jual beli rumah, disebutkan bahwa lokasi rumah tersebut berada di daerah Setiabudi, Bandung. Rumah tersebut awalnya dijual dengan harga Rp 6,6 miliar.***