Waspada Bun, Sering Dicium dan Digendong Anak Bisa Terkena Penyakit Ini, Benarkah?

(Dok:iStockphoto/NSA Digital Archive)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sebanyak 619 anak di Bantul, DI Yogyakarta terkena tuberkulosis (TBC). Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja mengatakan bahwa TBC pada anak ini terjadi akibat sering dicium dan digendong oleh orang-orang di sekitarnya.

"Jadi, anak memang ada risiko penularan. Contoh anak umur 2 tahun, kan, sering digendong atau diciumin orang-orang. Hal itu [membuat] risiko kontak makin tinggi," ujar Agus dikutip dari cnnindonesia.com.

Pertanyaannya, benarkah TBC bisa menular lewat ciuman atau gendongan?

TBC sendiri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycrobacterium tuberculosis. Penyakit ini menular melalui paparan percikan dahak yang keluar saat batuk atau bersin.

Dokter spesialis paru Profesor Faisal Yunus mengatakan bahwa pada dasarnya TBC tak bisa ditularkan melalui ciuman.

"Itu [TBC menular lewat ciuman] anggapan yang salah," ujar Faisal saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (22/12).

Saat anak digendong, penularan pun hampir dipastikan tak akan terjadi. Termasuk juga saat orang dewasa berbicara saat menggendong anak.

"Kalau hanya dari tertawa, senyum, atau berbicara, TBC tidak bisa menular. Kalau berbicara, kan, yang keluar [dari mulut] itu ludah," ujar Faisal.

 

Bakteri penyebab TBC sendiri tidak ditemukan pada cairan di mulut atau ludah, melainkan pada dahak yang keluar saat penderitanya batuk dan bersin.

Pertanyaannya, kapan risiko penularan TBC pada anak akibat dicium dan digendong bisa meningkat?

Penularan bisa meningkat jika orang dewasa penderita TBC menggendong anak sambil terbatuk-batuk atau bersin. Menurut Faisal, kondisi ini bisa memicu terjadinya penularan.

Anak-anak sendiri, menurut Faisal, termasuk ke dalam kelompok rentan TBC. Utamanya anak yang masih berusia di bawah lima tahun (balita).

Selain balita, remaja atau kelompok produktif dan orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh juga berisiko tertular TBC.

Untuk itu, Faisal selalu mengimbau penderita TBC untuk menutup mulutnya saat batuk atau bersin. Atau, Anda juga bisa membuang dahak ke dalam kloset dan langsung disiram.***