Momen HUT RI ke-78, PT KPI Unit Dumai Gelar Funbike Bersama Forkopimda serta Sambangi Patra Seroja Eco-Edupark

DUMAI (Surya24.com) – Guna memeriahkan momen HUT RI ke-78, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menyelenggarakan Funbike bersama Forkopimda Dumai, di Komplek Bukit Datuk Dumai, Minggu (20/8/2023). Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Dumai, Danlanal Dumai, Kapolres Dumai, Dandim 0320 Dumai, Kejaksaan Negeri Dumai, dan lainnya. 

VP Production Planning & Monitoring PT KPI, Permono Avianto, menjelaskan kegiatan Funbike ini tidak hanya tentang olahraga sepeda, tetapi juga tentang membangun budaya bersepeda dan sekaligus menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan Forkopimda Dumai. 

"Acara funbike ini sangat menarik memang, kita menciptakan budaya bersepeda dan disana kita menjalin komunikasi yang baik dengan Forkopimda, dan kedua mempromosikan green refinery yang memang peduli terhadap lingkungan, lalu tadi kita juga mengunjungi Patra Seroja Edupark," ungkapnya. 

Senada dengan hal tersebut, Walikota Dumai, Paisal SKM MARS, menyambut baik kegiatan semacam ini dan harus terus digalakkan. 

"Kegiatan seperti ini harus terus digalakkan agar terbangun pola hidup sehat. Funbike antara PT KPI Unit Dumai dan Forkopimda Kota Dumai ini merupakan salah satu wujud sinergitas yang baik utk kemajuan Kota Dumai," terangnya. 

Selama acara funbike, peserta diajak mengunjungi Patra Seroja Edupark. Patra Seroja adalah kawasan konservasi sumber daya alam hayati yang dimiliki oleh PT KPI Unit Dumai. Nama "Seroja" terinspirasi dari bunga seroja yang kuat dan tidak tenggelam dalam lumpur dan air, menggambarkan semangat untuk menjaga lingkungan. 

Patra Seroja Edupark telah berkembang pesat sejak diresmikan pada tahun 2018. Dengan luas lebih dari 69 hektar, kawasan ini menawarkan jalur lintas sepanjang 1,5 km untuk menjelajahi keanekaragaman hayati. Ini juga menjadi sarana edukasi potensial, atau Eco-Edupark, untuk para pelajar Dumai. 

Di dalam Patra Seroja, terdapat berbagai macam flora dan fauna yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran. Sebanyak 22 flora dan 9 fauna masuk dalam status wajib dilestarikan dan dilindungi karena menghadapi risiko kepunahan. Ini mencakup kera simpai hitam dan tanaman kelat putih. 

Untuk mendukung peran sebagai sarana edukasi, Patra Seroja telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti denah lokasi, infografis edukasi, pos pantau lokasi pembibitan, Menara Intip Elang, Area Lintas Fauna, Labelling Nama-Nama Flora, dan Mading Kehati Patra Seroja. 

"Patra Seroja adalah wujud nyata kepedulian PT KPI Unit Dumai dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Ini juga menjadi sarana edukasi bagi generasi muda Dumai tentang pentingnya keberagaman hayati," tutup Permono. 

Pendirian Patra Seroja Ecopark merupakan perwujudan implementasi Sustainability Development Goals (SDGs) serta Environmental Social Governance (ESG) di lingkungan PT KPI yang mencakup poin 1 yaitu Addressing Climate Change, poin 2 yaitu Reducing Environmental Footprints, serta poin 3 yaitu Protecting Biodiversity.(cu)