Waspada! 11 Provinsi Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Januari 2023, Apakah Daerah Kamu Masuk?

Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)

JAKARTA (SURYA24.COM)- BNPB menyampaikan potensi cuaca ekstrem hingga 1 Januari 2023. Berdasarkan laporan BMKG yang diterima BNPB, ada 11 provinsi yang berpotensi dilanda hujan sangat lebat.

"Ini gambaran prakiraan cuaca dari BMKG dari 25 Desember sampai 1 Januari ada potensi hujan lebat hingga sangat lebat di 11 provinsi, kalau kita bicara hujan sangat lebat maka yang kita khawatirkan adalah daerah sekitaran aliran sungai kemudian daerah sekitar lereng tebing," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam jumpa pers, Senin (26/12/2022).

 

Dikutip dari detik.com, ke-11 provinsi yang dimaksud adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan melanda 9 provinsi, yaitu Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Abdul mengatakan masyarakat harus mewaspadai ketika hujan lebat lebih dari dua jam. Dia mengatakan warga diimbau untuk menunggu hingga dua jam setelah hujan berhenti untuk mengantisipasi datangnya banjir.

"Ini masyarakat di sekitar aliran sungai, daerah lereng tebing yang tak ada vegetasi ataupun ada vegetasi sebaiknya menyingkir ke tempat aman, setelah hujan reda jangan langsung kembali ke rumah, tunggu 1-2 jam, karena debit di hulu butuh waktu untuk sampai hilir," ucapnya.

Dia mencontohkan ketika tinggi muka air di Pintu Katulampa, Bogor, sedang tinggi. Maka perkiraan aliran air tiba di Jakarta bisa sampai 6 atau 8 jam ke depan.

"Ini yang harus diwaspadai," singkatnya.

Lebih lanjut, Abdul menuturkan selama masa Natal dan tahun baru ada 44 juta orang yang pergi liburan. Dia mengingatkan agar warga yang berwisata ke daerah wisata air untuk waspada.

"Khusus untuk daerah aliran sungai dan air terjun perhatikan kalau hujan lebat, sekarang ada glamping, ada kita menginap di sepanjang aliran sungai, kalau hujan lebih dari 2 jam, naik dulu ke tempat aman," katanya.***