Ada-ada Saja, Penumpang Ini Ngamuk, Mengumpat dan Tarik Kerah Kemeja Pilot, Kok Bisa?

Ilustrasi pilot (iStock)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Kelakuan penumpang pesawat satu ini sungguh keterlaluan. Dia ngamuk-ngamuk dan mengumpat, bahkan menarik kerah baju sang pilot. Dia pun diusir dari pesawat.

Diberitakan NewYork Post, Jumat (6/1/2023) tertangkap kamera kelakuan penumpang yang naik maskapai Virgin pada Rabu (4/1/2023). Penumpang itu mengumpat dan mencengkeram kerah baju pilot dan adu mulut dengan pilot dan pramugari.

Dikutip dari detik.com, dalam video yang dibagikan akun Ben McKay di TikTok, terlihat seorang pria bertopi yang berdiri di luar kokpit marah-marah dan mengumpat. Peristiwa ini terjadi saat pesawat sepertinya akan lepas landas di Bandara Townsville, Queensland menuju Sydney. Sampai-sampai penerbangan mengalami keterlambatan karena pria agresif ini.

Terdengar pilot menyuruh pria ini untuk 'menjauh' atau dia akan memanggil seseorang (sepertinya polisi) kepada pria ini. Namun, situasi semakin tidak terkendali hingga pilot berkata "Anda keterlaluan!"

Pria ini terlihat mencengkeram baju pilot dengan tinju terkepal. Pilot pun berulang kali menyuruhnya untuk melepaskan. Dia sampai terlibat adu fisik dengan pilot, hingga terjadi aksi dorong-dorongan menuju pintu pesawat.

Di sana terlihat juga seorang pramugari dan seorang penumpang lainnya. Pria ini mengumpat dan meneriakkan kata-kata kasar saat dia didorong paksa oleh pilot dan pramugari.

"Kamu benar-benar idiot," terdengar pria itu berteriak.

Aksi tarik menarik pun terekam hingga sosok pria agresif ini hilang dari jangkauan kamera penumpang. Terdengar juga pilot berkata "Berhenti mengumpat!".

Terdengarlah instruksi dari pilot untuk memanggil polisi. Seorang pramugari mengungkapkan bahwa pria ini kemungkinan akan masuk ke dalam penumpang yang dilarang terbang.

Virgin Australia mengatakan penumpang itu dikeluarkan dari penerbangan karena perilaku nakal dan mengganggu. Ujung tingkahnya dia harus berhadapan dengan polisi dan pembatasan perjalanan diberlakukan pada pria itu.

"Keselamatan tamu dan kru adalah prioritas nomor satu kami dan kami sama sekali tidak menoleransi segala jenis perilaku yang tidak dapat diatur di penerbangan Virgin Australia," kata seorang juru bicara perusahaan kepada news.com.au.

"Insiden dirujuk ke Polisi Federal Australia atau Polisi Negara Bagian jika perlu," kata dia.

Aksi pilot dan pramugari Maskapai Virin pun ramai dibahas netizen. Aksi mereka yang tenang dan cara menyelesaikan masalah mendapat pujian dari warganet.***