Gegara Lokasi Gerai Mixue Membentuk Tanda Bintang Viral di Twiiter, Apakah Sengaja?

(dok: screenshoot @txtdrkuliner/kompas.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sebuah unggahan yang menunjukkan gerai Mixue di sejumlah kota membentuk tanda bintang, viral di Twitter sejak 2 Januari 2023. Lokasi gerai Mixue seperti membentuk tanda bintang jika ditarik garis dari Google Maps diunggah akun Twitter @txtdrkuliner.

"TerJAKARTA (Surya24.com)sudah 3 kota yang Mixue-nya membentuk simbol bintang di maps; di Bogor, Malang & Depok," tulis akun ini pada Senin (2/1/2023).

Dikutip dari kompas.com, sejumlah warganet lalu mengunggah gerai Mixue di sejumlah kota lainnya. "Mau nambahin koleksi," ucap twit ini sembari mengunggah lokasi gerai Mixue yang terlihat dari Google Maps.

"Soreang yeuh," kata warganet lainnya.

Hingga Sabtu (7/1/2023), twit tersebut telah dikomentari hingga 1.691 warganet, dibagikan kepada 6.503 akun, dan disukai sebanyak 21.100 pengguna Twitter.

Benarkah lokasi gerai Mixue dibuat membentuk tanda bintang, bagaimana ketentuan lokasi pembukaan gerai Mixue?

Hingga 14 November 2022, tercatat gerai Mixue telah tersebar di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Sumatera.

Dilansir dari dokumen yang diterima oleh Kompas.com, Selasa (3/1/2023), Mixue tidak menentukan terkait jarak lokasi gerai yang satu dengan gerai lainnya.

"Dari kebijakan perusahaan untuk jarak radius antar toko itu tidak ada angka eksak untuk seluruh wilayah secara sama," tulis pihak Mixue.

Alasannya, penentuan lokasi gerai akan sangat bergantung dengan kondisi lokasi yang diajukan. Untuk pertimbangan lokasi pembukaan toko diperoleh dari peninjauan target market lokasi, size market, keberterimaan brand di wilayah tersebut dan beberapa aspek penting lainnya.

Sehingga approval atau persetujuan dari hasil survey lokasi suatu toko berada di tangan manajemen pusat dalam menentukan lokasi toko di wilayah tersebut. Baca juga: Sejarah Mixue: Modal Pinjaman Duit Nenek, Kini Miliki 21.000 Gerai Tidak ada batas minimal radius

Berdasarkan penjelasan di atas, pihak Mixue memang tidak memiliki pedoman soal radius antar gerai Mixue. Namun, untuk menentukan lokasi gerai satu dengan gerai lainnya melalui pertimbangan sejumlah aspek.

"Mengenai radius memang tidak ada, namun bukan berarti setiap pengajuan titik lokasi bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya," jelas dokumen tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum melanjutkan ke tahap survey, mitra bisa mengajukan lokasi tersebut terlebih dahulu kepada Layanan Franchise Mixue. Tujuannya, untuk memastikan apakah titik direkomendasikan dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak.

Sistem kemitraan Mixue adalah usaha mandiri, manajemen toko sepenuhnya dilakukan oleh mitra seperti perizinan, pajak, laporan keuangan, advertisement toko, promosi, dan sosial media. Untuk turut menjadi mitra Mixue, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Berikut beberapa syarat untuk membuka gerai Mixue: Lokasi terbaik dan potensial Luas bersih minimal 25 m2 (tanpa tiang, tangga, atau elemen permanen lainnya) Lebar sisi minimum 3,7 m Tinggi plafon terendah 2,7 m Daya listrik 33.000 watt (3 Phase) Sumber air yang memadai. NPWP untuk kontrak kerjasama (dapat perorangan/badan usaha). Sementara untuk modal awal pembukaan gerai Mixue berkisar mulai dari Rp 700-900 juta yang sudah mencakup biaya investasi dari awal hingga toko buka.

Kontrak kerjasama franchise Mixue berlaku per 3 tahun. Apabila mitra ingin melanjutkan kontrak kerjasama sudah tidak ada biaya lagi, hanya membayar biaya managemen per tahun saja, dan biaya penyesuaian kembali toko.***