Akibat Tronton Rusak di Tikungan Lintas Riau-Sumut di Rohil Macet 20 KM: Truk Tabrak Tronton di Tol Permai, Brondolan Sawit Berserakan

Kondisi kemacetan pagi tadi hingga siang ini masih terjadi (Foto: Istimewa)

PEKANBARU (SURYA24.COM) - Kemacetan panjang terjadi di Jalan Lintas Riau-Sumatera Utara tepat di Desa Teluk Berembun, Rokan Hilir. Jalan lintas itu macet hingga puluhan kilometer (KM) akibat mobil patah as.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto mengatakan kemacetan mulai terjadi dini hari tadi pukul 01.00 WIB. Di mana jalanan di Desa Teluk Berembun ada mobil rusak.

"Dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan urai macet di Jalan lintas Riau-Sumut di Desa Teluk Berembun, Tanah Putih," terang Kapolres saat dimintai konfirmasi, Sabtu (7/1/2023).

Dikutip dari detik.com, Andrian menyebut kemacetan panjang di jalan lintas perbatasan itu akibat adanya truk tronton patah as. Bahkan truk berhenti tepat di tikungan.

Dalam kondisi patah as, truk tidak dapat dipindahkan ke bahu jalan. Volume dari kendaraan yang padat juga membuat jalan semakin padat dan macet.

"Saya sejak malam tadi di lokasi. Volume arus kendaraan yang padat serta tak ada pengemudi yang mau mengalah dari ke dua arah bikin macet," kata Andrian.

Selain itu, lebar jalan yang hanya dapat dilalui satu kendaraan dari kedua arah. Bahkan tak ada jalur alternatif sehingga arus kendaraan tidak bisa dialihkan.

"Kemacetan sepanjang kurang lebih 15-20 KM. Petugas kami sudah melaksanakan pengamanan arus lalu lintas di sekitar TKP dan kami juga berkoordinasi dengan supir dan pemilik kendaraan untuk memperbaiki kendaraannya," kata Andrian.

Untuk mengurai kemacetan, petugas pun tengah mengarahkan kendaraan agar tak menyerobot antrian. Di mana penguraian kemacetan masih berlangsung.

Brondolan Sawit Berserakan

Sementara itu, kecelakaan terjadi di ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Sebuah mobil truk dari Pekanbaru menuju Bathin Solapan nabrak tronton yang tengah terparkir karena bocor ban.

Wakil Direktur Lalulintas Polda Riau AKBP Donni Eka mengatakan kedua mobil yang terlibat kecelakaan adalah truk BK 9779 E. Truk menabrak tronton BA 9317 QU.

"Kejadian kemarin Jumat sore. Dua mobil truk terlibat kecelakaan di Tol Pekanbaru- Dumai KM 70 + 400A," kata Donni kepada detikSumut, Sabtu (7/1/2023).

Kecelakaan bermula saat mobil tronton yang dikemudikan Deni Saputra (45) berhenti di pinggi jalan. Mobil berhenti karena mengalami bocor ban dan sedang dalam pergantian.

Tiba-tiba saja mobil yang dikemudikan Isra Azis (21) datang dari Pekanbaru - Bathin Solapan dengan kecepatan tinggi. Mobil langsung menabrak mobil tronton BA 9317 QU.

"Mobil tronton yang dikemudikan oleh Deni berhenti di bahu jalan karena ban bocor. Di saat perbaikan itulah ditabrak langsung oleh truk," katanya.

Akibat kejadian tersebut brondolan sawit yang dimuat berserakan di jalan. Bahkan minyak sawit terlihat membasahi jalanan

"Penyebab kecelakaan karena supir truk mengantuk. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut," kata Donni.***