Pengerjaan Pembuatan WC Proyek SPALD-S Desa Parit Aman dan Serusa Diduga Tak Sesuai Bistek

ROHIL (Surya24.cm) -Masyarakat Desa Parit Aman dan Serusa Kecamatan Bangko Rokan Hilir saat ini hangat membicarakan pembangunan 100 unit WC atau MCK yang di bangun dengan dana APBN sebesar 1 Milyar rupiah yang dikerjakan Pokmas (Kelompok Masyarakat) Tahun 2022 lalu.

Pembamgunan WC untuk masyarakat kurang mampu ini 50 unit di Desa Parit Aman dengan total 500 juta dan 50 unit dengan total 500 juta untuk Desa Serusa sehingga total anggaran 1 Milyar rupiah.

Data dirangkum dari warga Parit Aman dan Serusa Kecamatan Bangko tiap 1 unit pagu anggaranya 10 juta rupiah.

Lalu apa persoalanya,ternyata walaupun pembangun WC untuk MCK ini selesai di kerjakan akan tetapi tidak sesuai Bistek.

Jumat (13/1/2023),kondisi bangunan WC ini dikerjakan kurang bagus dan kurang rapi,bahkan konon termasuk jenis dan panjang kayu cerocok yang ditanamkan sebagai pondasi awal.

Walau penerima bantuan Proyek Sistem Pengelolaan Air Limbah Dimistik Setempat (SPALD-S) " Pasrah " menerima apa adanya akan tetapi melihat kondisi bangunan WC ternyata tak sedap di pandang mata.

Untuk sandaran berita,awak media ini menghubungi Balai PUTR Riau. Melalui T.Amri Koorkap Balai PUTR Riau menyebutkan lewat waatshaap nya sebagai hak jawab sebagai berikut : " Kami sudah lama menyampaikan kepada KSM utk dilakukan perbaikan Pak, Pak Penghulu juga sudah kami kasih tahu bahwa Pekerjaan itu harus segera diperbaiki, tapi masih ada juga yang belum dilaksanakan, kami melalui TFL dilapangan sudah berulangkali menyampaikan hal ini, " Tulis T.Amri dalam waatshaap yang diterima reporter media ini beberapa waktu lalu.

T. Amri menambahkan lagi pihaknya baru 2 kali ke sana (Parit Aman dan Serusa),tanggal14 Juli 2022 pada saat Pelaksanaan awal kegiatan, dan terakhir tanggal 11 November 2022.

" Terkait permasalahan kegiatan yang tidak sesuai tersebut, untuk Bapak ketahui bahwa saya mendampingi di 3 (tiga) Kabupaten,Jadi makanya tidak bisa intens ke 2 desa tersebut,pada saat datang tentu saya tidak bisa mengecek semua unit, Karena di 1 desa itu ada 50 unit, tentu saya mengambil sampel saja, dan apa yang saya temukan itu saya sampaikan perbaikanya untuk seluruh unit,setelah itu ada TFL di lapangan yang mengawal dan memastikan apa yang saya sampaikan itu dilaksanakan sesuai arahan yang sudah saya kasi, " TulisT.Amri.

 

Menyeruaknya pembangunan WC alias MCK 50 Unit di Desa Parit Aman dan 50 Unit di Desa Serusa Kecamatan Bangko yang di kerjakan Pokmas (Kelompok Masyarakat),di respon LSM Tipikor Rohil,Dedi Sahputra.

" Kondisi ini akan kami laporkan ke APH (Aparat Penegak Hukum),karena dari awal sudah terlihat ada yang tak beres dan diduga tak sesuai Bistek, " Sebut Dedi Sahputra.

Konon dari 50 unit di Desa Serusa dan 50 unit di Desa Parit Aman,ada belasan unit di dua Desa ini kondosinya kurang elok dan rapi tak sedap di pandang mata. (hy)