Lintah Masuk Hidung Seorang Wanita, Jangan Panik Ini 4 Cara Lepas dari Gigitannya!

(foto: Tangkap layar)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Bagi Anda yang suka naik gunung, mungkin sudah familiar dengan hewan penghisap darah ini. Ya, lintah!

Ia adalah hewan yang suka hidup di daerah yang lembab. Hewan yang kerap disebut pacet ini jumlahnya akan semakin menjamur pada saat musim hujan.

Baru-baru ini video viral beredar di media sosial. Memperlihat seorang wanita tengah berada di pegunungan berkabut. Ia kemudian membuat maskernya.

Dikutip dari okezone.com, tak disangka, seekor lintah melingkar di hidungnya. Menariknya, wanita berhijab itu mengira itu adalah tindikan ala anak punk.

"Ku kira anak punk, ternyata lintah," tulis caption dalam video yang diunggah akun Twitter @pendakilawas.

 

Dalam video, wanita tersebut langsung berusaha mencabut sang lintah dengan cara paksa. Apakah boleh demikian?

Dikutip dari Jelajah Sutra, ada 4 tips mengatasi gigitan lintah yang melekat erat di kulit. Simak paparan singkatnya berikut ini.

1. Pakai puntung rokok

Ambil satu batang rokok, buka lalu ambil bubuk tembakaunya. Kemudian taburkan ke lintah yang sedang menempel dan menghisap darah. Secara perlahan ia akan melepaskan gigitannya dari kulit:

2. Krim anti nyamuk

Ketika sudah terlanjur mengigit, biasanya hewan ini sulit untuk melepaskan diri, karena tidak akan berhenti sampai merasa benar-benar kenyang. Trik kedua, bisa coba oleskan krim anti nyamuk melingkari area kulit yang sedang digigit. Tunggu beberapa saat, maka lintah akan mudah terlepas.

3. Sesuatu yang menyengat dan garam

Lintah tak senang sesuatu atau aroma yang menyengat. Misalnya minyak kayu putih, karena bau dan sensasinya cukup panas. Maka jika ada lintah yang sulit untuk dilepaskan, teteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke atasnya. Selain itu, bisa juga menggunakan garam, karena lintah juga sangat menghindari garam.

4. Pakai api

  1. bisa dengan cara memanfaatkan api, bakar ranting kecil yang ada di tanah lalu arahkan ke lintah yang sedang menghisap darah. Arahkan pelan-pelan, sampai lintah merasa kepanasan dan berangsur akan melepaskan gigitannya dari kulit.***