DUH! Oknum Polisi di Sidoarjo Diduga Curi Motor Sesama Polisi di Kantor Polisi

(Dok: Facebook)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sebuah unggahan yang menyebut adanya pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh anggota polisi dengan korban anggota polisi di kantor polisi, viral di media sosial. Disebutkan, kejadian tersebut terjadi pada 6 Desember 2022 di wilayah parkiran masjid Mapolsek Sidoarjo Kota, Kota Sidoarjo, Jawa Timur.

"Sidoarjo keras lur. Oknum polisi curi motor di parkiran Masjid As-Siddiq Mapolsek Sidoarjo milik rekannya sendiri," tulis akun ini. Akun tersebut juga mengunggah ulang tangkapan layar berisi laporan korban mengenai kasus pencurian yang diunggah oleh akun ini.

Dikutip dari kompas.com, dalam narasi yang beredar, motor tersebut sudah terparkir sejak pukul 05.30 WIB. Pemilik motor yang merupakan seorang polisi kemudian melakukan piket patroli dan pengawalan (Patwal). Namun ketika akan pulang pada pukul 20.00 WIB, ia tidak menemukan sepeda motor miliknya di lokasi semula.

Lalu bagaimana kronologi kejadian dugaan pencurian sepeda motor milik polisi dengan pelaku polisi di kantor polisi itu? Penjelasan Polres Sidoarjo Kasi Humas Polresta Sidoarjo Tri Novi Handono membenarkan terkait adanya kejadian pencurian motor polisi di kantor polisi.

"Kami membenarkan narasi yang beredar, diduga ada oknum polisi yang mencuri motor polisi," kata Ipda Novi saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Menurut Novi, kasus tersebut kini tengah ditangani oleh pihak Propam Polres Sidoarjo. "Sedang diperiksa oleh Propam," jelas dia.

Dihubungi terpisah, Kasi Propam Polresta Sidoarjo AKP I Gede Putu Atma Giri menyebut kasus itu masih dalam proses penyelidikan. "Masih dalam lidik (penyelidikan) kebenarannya. Belum (ada hasilnya)" kata I Gede, Selasa.

Kronologi kejadian

Dikutip dari Tribun Jateng, dugaan kasus pencurian sepeda motor tersebut terjadi pada 6 Desember 2022. Korban adalah Rizka S yang mengaku kehilangan sepeda motor Yamaha NMAX dengan nomor polisi W 2011 NAR.

Pada saat kejadian motor sedang terparkir di Masjid Assidiq Mapolsekta Sidoarjo tepatnya di Jalan Kombes Pol Duriyat, Sidoarjo sekitar pukul 20.00 WIB. Korban sempat melakukan pengecekan CCTV di lokasi kejadian saat motornya hilang, namun nihil karena CCTV hanya menyala dan tidak merekam. Korban lalu mengunggah peristiwa pencurian sepeda motornya di Facebook miliknya pada 7 Desember 2022 atau sehari setelah sepeda motornya hilang.

“7 Desember 2022, izin lapor, pada hari Selasa, 6 Desember 2022 telah kehilangan sepeda motor NMAX Nopol W 22011 NAR di wilayah parkiran masjid Mapolsek di Kota Sidoarjo,” tulis dia.

Ciri-ciri sepeda motor Tak hanya itu korban juga menuliskan ciri-ciri motor miliknya yang hilang yaitu sepeda motor Yamaha NMAX warna hitam doff, lampu sein berwarna biru, lampu kota warna biru serta lampu belakang ada accesoris hitam garis-garis.

Sepeda motor tersebut hilang bersama helm bobo berwarna hitam. Penemuan sepeda motor tersebut berawal dari korban yang mengenali sepeda motor miliknya meskipun pelaku memasangi sticker berwarna abu-abu di Taman Pinang Sidoarjo dengan tujuan agar pemilik tidak mengenali motor miliknya.

Namun, pemilik motor sekaligus korban mengenali adanya gantungan yang masih menempel dibawah stir kemudi sepeda motor NMAX miliknya.***