Universiti Malaka Jalin MoU Dengan UIN Suska Riau dan Universitas Islam Riau

PEKANBARU (Surya24.com) - Delegasi Rektor Universiti Melaka, Kamis (2/2/2023) pagi mengunjungi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru guna menjalin kerjasama dan penanda tanganan nota kesepahaman MoU bidang pendidikan kedua belah pihak.

Kunjungan Rektor Unimel Malaysia ini diawali dengan temu ramah antara rombongan dari Universitas Melaka (Unimel) Prof DR.Abdul Razak Bin Ibrahim,Datuk Prof.DR.H.Baharudin Bin H.Putih didampingi Drs.Taslim Bildan MA Sekretaris Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau, Raja Yandra dan H.Yan Faisal dengan Prof.dr.Khairunnas Rajab.M.Ag Rektor UIN Suska dan Dekan di ruang kerja Rektor UIN Sultan Syarif Kasim.

Usai penanda tanganan MoU dilanjutkan dengan saling bertukar cendera mata dari Universiti Melaka menyerahkan dublikat keris tamingsari.

Dan dilanjutkan dengan penyerahan buku karya Drs.Taslim Bildan MA Sekretaris Dunia Melayu Dunia Islam yang merupakan alumni almamater UIN Suska.

UIN Suska tak lupa menyajikan tayangan audio visual profil Universitas kebanggaan masyarakat Riau ini dimana memiliki 8 Fakultas, 1 program pasca sarjana.

" Prestasinya telah mengeluarkan Mahasiswa yang berkwalitas dan terus meningkatkan berbagai hal untuk mensukseskan pembangunan pendidilan secara Nasional, " tegas Prof.dr.Khairunnas Rajab.M.Ag.

Sementara itu Rektor Unimel Malaysia Prof.DR.Abdul Razak Bin Ibrahim memaparkan berbagai hal untuk program kerjasama kedua Universitas yang berkelas.

" Universitas Melaka menawarkan berbagai kemudahan melalui kesepahaman MoU ini dan menjalin kerjasama serta saling mempererat persaudaraan serumpun melalui dunia pendidikan dan kebudayaan, " ucap Prof.DR Abdul Razak Bin Ibrahim.

26 Profesor dosen, penyerarahan 1.000 orang mahasiswa 32.000 orang yang aktif 28.000 tiap semester International Accademic Collaboration Unimel And Universitas Islam Riau.

Tepat jam 14.00 WIB, Rektor UIR Prof.DR.Syafrinaldi SH.MCL bersama Wakil Rektor menyambut kedatangan rombongan Universitas Melaka yang dipimpin Prof.DR.H.Abdul Razak Bin H. Ibrahim bersama Datuk Prof.DR.Baharudin Bin Putih dan Drs.Taslim Bildan MA dari DMDI Riau di ruang Rektorat UIR.

Merupakan Universitas dan kampus tertua di Riau berdiri sejak Tahun 1962 dibangun dan terletak diatas lahan 42 Hektar, saat ini telah memiliki berbagai program atau kejuruan termasuk pasca sarjana yang sangat bergengsi di Riau. Bahkan sudah terkenal di Asean dan Asia Fasifik dan mendunia.

Prof.DR.H.Abdul Razak Bin H.Ibrahim menyebut setelah naik taraf sebagai Universiti di usisnya satu Tahun dari Ceolek Universiti Malaka. " Besar harapan kami untuk menjadi Universiti secara Nasional, karena banyak kesamaan kita satu rumpun, di Unimel ada satu program sejarah. Sejarah di Riau dan Melaka,banyak kesamaan, " ujar Prof.DR.H.Abdul Razak.

" Kita akan membuat persidangan ahli sejarah untuk mebahas dan berkongsi bersama Universitas disini, " tambah Consuler Universitas Melaka ini.

Prof.DR H.Abdur Razak Bin Ibrahim meminta agar MoU ini berjalan baik dan tetus menjalinkan hubungan luas dengan berbagai program di 10 Fakultas dan 50 program di Universitas Melaka.

Rektor UIR, Prof DR.Syafrinaldi SH.MCL menyambut gagasan dan tetobosan yang dibuat Universiti Melaka yang telah memilih UIR sebagai mitra menjalin kerjasama dengan membuat nota kesepahaman atau MoU.

" Kami dari UIR menyambut baik kerjasama ini untuk menjalin kerjasama di dunia pendidikan, hari ini mulai dari Wakil Rektor, Dekan hadir dalam penanda tanganan MoU ini, " kata Prof.DR.Syafrinaldi SH.MCL.

" Kedatangan ini kami prioritaskan 530 Dosen, 26 Profesor dan tamatan dari berbagai belahan dunia dan 150 orang lagi masih stady baik di dalam maupun di luar negeri dengan 25.000 Mahasiswa berkelas Dunia berbasis Islam, " ucap Rrktor UIR ini.

" UIR juga sudah banyak berklaborasi dengan Universiti di Malaysia dan negara lainya. Ini terus dilakukan serta banyak pihak Universiti melawat UIR, " ujar Prof DR.Syafrinaldi SH.MCL.

UIR terbaik sebagai patner. " Dengan Bismilah dengan kekuatan yang ada, pasca MoU, maka segera kami implementasikan sesuai visi dan misi kami di kampus ini," harap Rektor UIR ini. Usai penanda tangan MoU dilanjutkan dengan saling bertukar cendera mata dan photo bersama. (hy)