WADUH Buaya Muncul di Tepian Sungai Kuantan Riau, Ini Kata BKSDA

Seekor buaya yang muncul di tepian sungai kuantan. (Istimewa)

PEKANBARU (SURYA24.COM) - Kemunculan seekor buaya di tepian sungai Lubuk Sobae, Kuantan Hilir, Kuantan Singingi, Riau bikin warga resah. Sebab, buaya berukuran besar itu muncul berulang kali beberapa hari terakhir.

Dari video yang diterima detikSumut, seekor buaya berukuran besar menepi di Sungai Kuantan. Buaya itu terlihat diam di tepi Lubuk Sobae saat direkam warga.

Ketua BPD Desa Pulau Kijang, Hardiamon membenarkan kemunculan buaya di tepi Lubuk Sobae. Bahkan kemunculan buaya kerap terlihat oleh warga.

"Benar soal buaya tersebut. Beberapa kali terlihat oleh warga di tepian Lubuk Sobae," kata Hardiamon, Selasa (14/2/2023).

Hardiamon yang juga merupakan mantan Kepala Desa Pulau Kijang itu mengaku dapat laporan munculnya buaya dari warga. Ada yang melihat langsung saat buaya berada di tepian sungai.

"Warga melaporkan, ada juga kirim video lewat WhatsApp dan benar adanya. Dari ukurannya cukup besar," kata Hardiamon.

Kepala Bidang Wilayah I BKSDA Riau Andri Hansen Siregar mengatakan lokasi buaya muncul merupakan habitat aslinya. Buaya muncul di Batang Kuantan.

"Dia ada di Batang Kuantan, masih habitat dia. Yang penting masyarakat sekitar tidak mendekat ke satwa itu," kata Hansen.

Untuk mencegah konflik satwa, Hansen minta masyarakat tak melakukan tindakan yang dapat menganggu. Apalagi sampai menyebabkan buaya yang dilindungi itu cedera atau terluka.

"Karena satwa buaya adalah jenis satwa liar yang dilindungi, kami berharap kepada masyarakat sekitarnya tidak melakukan tindakan yang mengganggu keberadaan atau menyebabkan satwa buaya tersebut mengalami cedera," kata Hansen.***