Stttt! Jangan Bilang Siapa-siapa Ini Bocoran Bumbu Rahasianya KFC

Foto: Ladbible/detik.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Rasa ayam goreng KFC yang enak membuat banyak orang berlomba-lomba menemukan resep semirip mungkin. Ternyata resep KFC pertama kali dibocorkan oleh orang ini. Ketika berbicara tentang restoran cepat saji, pasti ayam goreng akan langsung terlintas pertama kali. Teksturnya yang renyah dengan rasa gurih yang menyerap hingga ke tulang membuat banyak orang mencintai rasanya.

Dikutip dari detik.com, selain mencicipinya di restorannya langsung, banyak orang yang juga berusaha mencari resep semirip mungkin dengan ayam goreng di restoran. Salah satu resep ayam goreng yang membuat banyak orang penasaran adalah ayam goreng KFC.

Begitu banyak eksperimen yang dilakukan untuk mendapatkan resep KFC semirip mungkin dengan yang aslinya. Ternyata, resep asli KFc sendiri sudah pernah dibocorkan oleh sosok yang tidak terduga.

Resep dibalik lezatnya ayam gioreng KFC ternyata pernah dibocorkan keponakan Colonel Sanders. Foto: Ladbible

Mengutip Ladbible (13/2) restoran cepat saji bernama KFC dikenal dengan sosok kakek Colonel Sanders yang ikonik dengan rasa ayam goreng yang lezat. Banyak orang yang berlomba-lomba dan mengaku telah menemukan resep ayam goreng KFC ini.

Penggunaan '11 bumbu dan rempah rahasia' membuat banyak orang merasa tertantang untuk memecahkan misteri lezatnya ayam goreng KFC. Mulai dari chef hingga YouTuber mencoba meracik bumbu dan rempah dengan takaran yang dikira-kira untuk mendapatkan resep KFC tersebut.

Faktanya, resep asli ayam goreng buatan Colonel Sanders ini pernah dibocorkan untuk pertama kali pada tahun 2016 silam. Uniknya, resep ini bahkan dibocorkan oleh orang terdekat Colonel Sanders itu sendiri.

Joe Ledington, keponakan Colonel Sanders, adalah sosok yang membocorkan resep ayam goreng KFC untuk pertama kali. Joe menemukan resep tersebut disimpan dalam selipan buku keluarga lengkap dengan daftar berbagai bumbu dan rempah yang disebut sebagai bahan rahasia.

Berikut ini rincian 11 bumbu dan rempah rahasia ala ayam goreng KFC. Foto: Ladbible Berikut ini 11 bumbu dan rempah rahasia yang dicatat langsung oleh tangan Colonel Sanders:

11 bumbu dan rempah dicampur dengan 2 cup (400 gram) tepung terigu:

 

2/3 sendok teh Garam

1/2 sendok teh Thyme

1/2 sendok teh Basil

1/3 sendok teh Oregano

1 sendok teh Seledri bubuk

1 sendok teh Merica hitam

1 sendok teh Mustard bubuk

4 sendok teh Paprika bubuk

2 sendok teh Bubuk bawang putih

1 sendok teh Jahe halus

3 sendok teh Merica

Setelah membagikan resep rahasia ini, Joe mengatakan bahan-bahan ini disalin berdasarkan catatan pamannya yang ia temukan. Tetapi ia juga tidak mengatakan bahwa resep dan takarannya benar-benar tepat seperti yang dibuat oleh pamannya.

"Ini menjadi perkiraannya. Aku juga tidak yakin. Aku menyebutnya sebagai bahan rahasia. Tidak seorang pun (di tahun 1950an) mengetahui apa tu merica. Tidak seorang pun menggunakan bahan tersebut," ungkap Joe.

Beberapa bahan seperti mustard bubuk dan jahe yang dihaluskan membuat banyak orang yang melihatnya sempat tak percaya. Untuk membuktikan kebenaran resep tersebut, resep catatan Joe ini bahkan dibawa ke salah satu gerai KFC terdekat.

Gerai tersebut diminta bantuannya untuk membuat ayam goreng dengan catatan yang diberikan oleh Joe. Nyatanya, setelah dicicipi, gerai restoran KFC di Chicago, Amerika Serikat menyetujui ini adalah resep asli KFC.***