Sebagai Wadah Pemangku Adat Dan Suku-Suku di Riau

Segera Dibentuk Pengurus LKPASI DPW Riau

Pekanbaru (Surya24.com) - Berdasarkan Surat Mandat Nomor: 006/DPP/LKPAS/II/2023 tanggal 24 Februari 2023 diberikan Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) Pusat kepada Datuk Dr.H. Misri Hasanto M.Kes dan Datuk Yan Faizal di Jakarta. 

Dengan terbitnya SK Mandat tanggal 24 Februari 2023 dan diserahkan lansung di Hotel Grand Paragon Jakarta, pemegang Mandat dalam waktu dekat segera akan  menyusun dan melengkapi susunan Pengurus Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Riau. 

Tentunya dengan melibatkan Tokoh Adat setempat, Ketua Ketua Paguyuban, Organisasi kedaerahan, dan Pemangku Adat yang berada di Riau. 

" Kita semua tahu bahwa Riau didiami banyak Suku diantaranya Suku Melayu, Minang, Jawa, Sunda, Batak, Bugis, NTT, NTB, Banjar, Menado, Flores, Bima, Aceh, China, Palembang, Sakai, Akit, dan masih banyak lagi suku suku lainnya, " ujar Datuk Dr. H. Misri Hasanto M.Kes, Minggu (26/2/ 2023) di Pekanbaru. 

" Surat Keputasan Mandat ini diberikan kepada yang bersangkutan bertujuan sebagai wadah Komunikasi berhimpunnya seluruh Pemangku Adat dan Suku-suku di Provinsi Riau. Dimana di Provinsi Riau didiami oleh berbagai Suku, Adat & Budaya dengan Suku yang Dominan adalah Suku Melayu, " ucap Datuk Dr.Misri. 

" Untuk itu diperlukan agar melengkapi pengurusnya dengan melibatkan seluruh Suku-suku yang ada di Riau, sehingga dapat memperjuangkan Adat dan Budaya masing-masing suku. Disamping itu LKPASI DPW Riau akan memperkuat perjuangan Tengku Nazir, Sultan Siak XIII dalam upaya memperjuangkan Hak hak masyarakat Adat sesuai dengan Peraturan dan Perundang-ungangan yang berlaku,"demikian disampaikan Ketum LKPASI Datuk Juanda dan Sekjen LKPADI DR Ruliah SH MH, saat Datuk Yan Faizal menerima surat mandat di Jakarta, " ucap Datuk  Dr.Misri. 

Menurut Dr .H.Misri Hasanto M.Kes sebagai Pemengang Mandat, langkah awal segera bersilaturahim kepada T .Nazir Sultan Siak XIII. 

"  Karena ini adalah Amanah dari Pengurus LKPASI Pusat untuk mendukung Perjuangan Sultan Siak terkait Daerah Swapraja Siak, selanjutnya kami akan mendata seluruh Suku-Suku atau Pemangku Adat dan ketua ketua Paguyuban Daerah untuk melengkapi penguruh LKPASI DPW Riau, sehingga bisa segera terbentuk pengurus lengkapnya, " Ucap Dr.Misri. 

Ditanbahkan Dr.Misri, berdasarkan komunikasi awal dengan Sultan Siak XIII, bahwa Perangkat Sultan Siak dan Datuk-Datuk Kesultanan akan mengadakan Rapat dalam waktu dekat ini untuk membahas hasil Simposium dan implementasinya pada Kesultanan Siak. 

Hal ini dibenarkan Sultan Siak Seri Indrapura XIII ketika diwawancara Media ini, Minggu (26/2/ 2023).(Hy)