Jaga Kebersamaan, Hidup Berdampingan Penuh Rasa Kekeluargaan

IKMBD Memiliki Sekitar 20 Ribu Jiwa, Siap Mendukung Pemko Dumai

DUMAI (Surya24.com) - Ikatan Keluarga Masyarakat Batak Dumai (IKMBD) adalah organisasi kesukuan yang merupakan salah satu anggota dari Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai (LKKMD) yang beranggotakan 17 paguyuban suku di kota Dumai. 

IKMBD merupakan paguyuban suku Batak di kota Dumai yang didirikan tahun 1992. Anggota IKMBD adalah masyarakat Batak Kristen sesuai Anggaran Rumah tangga IKMBD pasal 1 ayat 1. Hingga saat ini masyarakat Batak yang di bawah payung IKMBD ada sekitar 20 ribu jiwa yang tersebar di kota Dumai. 

IKMBD merupakan organisasi kesukuan yang sangat penting bagi masyarakat Batak kota Dumai, karena ini merupakan bentuk dari persatuan dari masyarakat Batak itu sendiri. 
Karena kita tahu, Dumai adalah kota yang masyarakatnya majemuk dan fluralisme yang terdiri dari 17 Suku, untuk itu perlu untuk tetap menjaga kebersamaan di kota Dumai yang kita cintai ini. 

Ikatan Keluarga Masyarakat Batak Dumai (IKMBD) yang saat ini di pimpin oleh Parlindungan Sinaga sebagai Ketua Umum, Monang Maradongan Simanungkalit,S.Sos sebagai Sektetaris Umum dan Herwin Marbun sebagai Bendahara Umum, selalu komit untuk memimpin organisasi besar ini untuk selalu tampil dan berbuat di tengah-tengah Masyarakat Batak, baik itu kegiatan suka maupun kegiatan duka.

Pada saat kegiatan duka BPH IKMBD dan Pemuda IKMBD selalu tampil dan mengambil peran bersama Parsahutaon untuk menyampaikan ucapan belasungkawa dan menyampaikan Anggaran Dasar IKMBD kepada keluarga anggota yang berduka. IKMBD juga memberikan pelayanan ambulan baik untuk di dalam kota dan di luar kota. 

Monang Maradongan Simanungkalit, S.Sos saat di konfirmasi oleh media ini terkait kegiatan-kegiatan IKMBD dan dampaknya terhadap masyarakat Batak kota Dumai dan pemerintah kota Dumai menjawab, bahwasanya IKMBD sangat bermanfaat bagi masyarakat Batak Dumai. 

" Organisasi ini harus terus kita jaga agar tetap solid dan berjalan, karena kami sebagai pengurus IKMBD harus melayani dan bukan untuk dilayani. IKMBD harus dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah Kota Dumai dan kita harus mendukung sepenuhnya program-program pemerintah kota Dumai di bawah kepemimpinan Walikota Dumai Bapak H.Paisal,SKM,MARS, " kata Monang, Selasa (30/1/2023). 

Dikatakan Monang, banyak pembangunan yang telah dilakukan pemerintah kota Dumai saat ini dan masyarakat Dumai juga hidup dengan aman dan berdampingan penuh rasa kekeluargaan. 

" Inilah yang harus tetap kita pertahankan terus, karena dengan kenyamanan dan kondusifnya masyarakatnya maka pemerintah kota Dumai dapat bekerja dengan baik. Inilah salah satu keberhasilan Bapak H.Paisal yang selalu menjaga kerukunan masyarakat Kota Dumai. Untuk itu mari kota tetap menjaga Organisasi IKMBD agar tetap jaya di Kota Dumai yang merupakan kota Idaman yang kita cintai ini, "sebut Monang Maradongan dengan tegas.(cu)