Siapa Sangka Ikan yang Terancam Punah Ini Ternyata Punya Tangan, Ini Fungsinya?

Ikan yang punya tangan. (Dok:©Nicolas Remy)

JAKARTA (SURYA24.COM)  - Ternyata ada ikan yang memiliki 'tangan', yang fungsinya untuk berjalan di dasar lautan. Ikan ini dipamerkan dalam Ocean Art 2022. Dijepret oleh fotografer Nicolas Remy, ikan bintik (Brachionichthys hirsutus) ini sebenarnya tidak memiliki tangan, tetapi menggunakan sirip dadanya untuk berjalan di dasar laut.

    Ikan ini sangat terancam punah dan saat ini hanya ada 3.000 ekor di tengah laut. Saat memotret ikan ini di Hobart, Tasmania, Nicolas Remy membutuhkan waktu menyelam selama sembilan jam.

    Dikutip dari IFL Science, Kamis (23/2), ikan 'bertangan' ini merupakan jenis anglerfish yang hanya ditemukan di bentangan sepanjang pesisir tenggara Australia dan Tasmania. Ikan ini memakan krustasea, cacing, dan cangkang serta menggunakan ascidian dan spons yang dibuntuti sebagai tiang untuk menggantung telur mereka.

 

     Sayangnya, tulis merdeka.com, solusi bersarang yang unik belum terbukti efektif dalam menghadapi invasi bintang laut pasifik utara (Asterias amurensis) yang memangsa ascidia bertangkai dan telur ikan bertangan ini. Ini salah satu penyebab ikan ini terancam punah, seperti yang dikategorikan oleh IUCN Red List Of Threatened Species.***