Jalan Kuning Jalil Panipahan Ambruk, Warga Goro Bangun Jalan Darurat

Kondisi Jalan Kuning Jalil Panipahan

Bagansiapiapi (surya24.com) - Jalan Kuning Jalil Kota Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau,Senin (10/2/2020) sekitar pukul 17.00 WIB sore ambruk ke pantai akibat terjangan gelombang air laut saat pasang naik.

Selasa (11/2/2020) pagi  Jalan lintas Panipahan-Sungai Daun -Kubu tak jauh dari gedung SMAN 1 Panipahan  ini sempat membuat warga terisolir hingga Selasa (11/2/2020) siang akhirnya dapat di lalui  kenderaan roda dua dan pejalan kaki terutama para pelajar dan guru menuju sekolahnya setelah di bangun jalan darurat.

 Penghulu Panipahan Edy Syahrial melihat langsung kondisi jalan yang ambruk tersebut spontan berinisiatif membangun jalan darurat agar dapat di lalui warga, " Jalan ini kemarin roboh akibat abrasi, ini akses jalan lintas masyarakat kita Panipahan ,Sungai Daun dan Kubu dan alhamdulilah kini jalan sudah dapat dilalui kembali dengan dibangun jalan seadanya ini," Ucap Edy Syahrial, Rabu (12/2/2020).

Edy Syahrial menyebutkan bersama warga setempat gotong royong membangun jalan darurat di atas jalan roboh dengan bahan kayu dan papan, "  Bersama masyarakat kita membangun  jalan darurat untuk sementara ini agar dapat dilalui dengan panjang 30 meter dan lebar 3 meter, " Sebutnya.

Jalan Kuning Jalil di Kota terapung Panipahan  merupakan jalan penting  lintas pesisir di Kabupaten Rokan Hilir ini yang menghubungkan antar Kepenghuluan di Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Kecamatan Kubu

" Dengan dibangunnya jalan darurat ini ,kembali dapat dilalui warga dan tidak terisolir lagi," Ujarnya sembari mengatakan para siswa menuju sekolahnya tak terkendala lagi, Edy Syahrial juga ucapkan terima kasih atas partisipasi warganya yang telah saling bahu membahu membangun jalan darurat.

 Sementara Ahmadian (52) guru SMAN 1 Panipahan saat memberikan komentarnya mengatakan dengan adanya jalan darurat itu, warga kembali dapat beraktifitas, " Jalan Jalil Kuning sangat vital karena akses warga ke Kota Panipahan,Sungai Daun dan Kubu serta beberapa sekolah yang ada di Jalan tersebut, "Tandasnya.

Warga kota terapung tentunya sangat berharap Pemkab Rohil segera membangun jalan ambruk  ini secepatnya agar permanen kembali dengan dana tanggap darurat. ***

 


Tulis Komentar