Luar Biasa, Siswa SMP Latih Tari Kreasi SD 11 Tanah Garam Kota Solok

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Gebyar Hardiknas dan Apresiasi Budaya Lokal Serta Bahasa Dan Sastra Minang Kabau (BSM) yang dikemas dalam bentuk Lomba Tari Kreasi  Antar Siswa Sekolah Dasar se- Kota Solok di SKB Kota Solok, Sabtu 11 Maret 2023. 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok itu mengusung tema "Minang Mambudayo" di isi dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba tari kreasi minang kabau yang diikuti oleh 40 Sekolah Dasar di Kota Solok. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah upaya Pemerintah Kota Solok dalam meningkatkan potensi kreatifitas dan bakat siswa di bidang seni pada kalangan pelajar. 

Dalam pantau media ini di lokasi kegiatan dari 40 SD yang mengikuti perlombaan ini, ada hal yang menarik, dimana sebuah Sekolah Dasar yaitu SD 11 Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok mengirimkan siswanya untuk mengikuti lomba tari kreasi yang dilatih oleh Marsyha Jihani Hanifadeski seorang siswa SMP yang masih duduk di kelas VIII di SMP 2 Kota Solok. 

Kepala Sekolah Maimuharma Spd didampingi oleh salah seorang gurunya Dessy Fhatri S.pd dalam kegiatan ini mengatakan bahwa ada kebanggaan tersendiri bagi mereka karena Tim sekolah itu dapat mengikuti perlombaan ini dengan baik dan sukses dengan harapan dapat membawa pulang hadiah yang disiapkan oleh panitia. 

" Ada hal yang sangat berkesan bagi kami yaitu Tim tari kreasi kami dilatih oleh seorang Siswa SMP yang masih duduk di Kelas VIII namun dia mampu melatih adik-adiknya dengan baik. Tentu ini motivasi bagi pelajar-pelajar lainnya yang mempunyai talenta seperti yang dimiliki anak kita Jihani Hanifadeski."ungkapnya. 

Selain itu dia sangat mengapresiasi  digelarnya kegiatan ini dengan harapan dapat menggali potensi para pelajar di bidang seni dan budaya lokal yaitu Budaya Minang Kabau. 

"Kemudian kegiatan ini juga memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi peserta didik kita untuk mengembangkan bakatnya di bidang seni dan budaya, sekaligus juga kita ingin mengoptimalkan kembali fungsi dari taman budaya minang kabau pada generasi penerus.'tutupnya. (basa)