Sosok Ini Pejuang Masyarakat Adat Nusantara

LKPASI DPW Riau Sholat Gaib Atas Wafatnya Ketum DPP LKPASI DYM Datuk Juanda

PEKANBARU (Surya24.com) - LKPASI DPW Riau menyelenggarakan Sholat Ghoib di Pekanbaru Senin (13/3/2023) atas Wafatnya DYM Datuk Juanda, Ketua Umum DPP LKPASI, Minggu (12/3/ 2023) di Jakarta. Almarhum Datuk Juanda tutup usia pada usia 46 tahun. 

Datuk Juanda selama ini dikenal sebagai Tokoh pejuang yang gigih, ikhlas memperjuangkan hak-hak Masyarakat Adat Nusantara dan Tanah Swapraja melalui Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI). 

Jasa Beliau sangat besar terhadap perjuangan Masyarakat Adat Nusantara (Raja, Sultan, Ratu, dan Pemangku Adat) dan Tanah Swapraja di seluruh Indonesia. 

Hal ini diungkapkan Datuk Dr. H.Misri Hasanto M.Kes LKPASI DPW Riau, Minggu  (12/3/2023) saat menerima kabar dari Sekjen DPP LKPASI Puan Putri Reno DR. H.Ruliah SH MH melalui Group WhatsApp Petisi LPKASI. 

Almarhum Datuk Juanda telah banyak melakukan Advokasi dan perjuangan pada Pemerintah RI diantaranya : melalui Pertemuan Raja, Sultan, Ratu dengan Presiden RI Joko Widodo di istana Bogor Tahun 2018 lalu dan pertemuan ilmiah dengan menggelar Seminar Nasional, Symposium Nasional, Maklumat dan Petisi Raja, Sultan, Ratu, Penglingsir, Ketua Masyarakat Adat, agar Pemerintah mengakui Hak-hak Masyarakat Adat Nusantara dan Tanah Swapraja melalui Pewaris masing masing Daerah, sesuai dengan masing masing sejarah penyerahan kedaulatan Raja, Sultan, Ratu pada Pemerintahan RI sebelum atau sesudah Proklamasi Kemerdekaan RI. 

Terakhir perjuangan Almarhum DYM Datuk Juanda terselenggaranya Simposium Nasional dan Petisi Raja, Sultan, Ratu, Penglingsir, Ketua Marga/Ketua Suku, Pemangku Adat seluruh Indonesia 22-24 Februari 2023 di Jakarta. 

Kegiatan ini telah menguras kesehatannya, sehingga beberapa hari setelah itu beliau jatuh sakit dan di rawat di Rumah Sakit beberapa hari. 

" Namun setelah Almarhum berjuang melawan penyakitnya, beliau menghempuskan nafas terakhir di Rumah Sakit, Minggu (12/3/2023), " ucap Datuk Dr H Misri Hasanto M.Kes. 

" Dalam group WhatsApp LKPASI di seluruh Pengurus Wilayah se Indonesia melaksanakan sholat gaib, hari Senin 13 Maret 2023 ini, LKPASI merasakan sangat kehilangan tokoh dan sosok visioner ini," aku Ketua LKPASI Riau ini dengan nada sedih.(Hy)