Paru-paru Kamu Berlendir? Ini 7 Makanan Pembersih dan Gampang Dicari

Ilustrasi (iStockphoto/Chinnapong)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Lendir di paru-paru atau dikenal dengan istilah "mukus" adalah cairan lengket yang diproduksi oleh selaput lendir di saluran pernapasan dan sistem pencernaan manusia. Pada kondisi normal, lendir di paru-paru berfungsi untuk menjaga kelembapan dan membersihkan debu, kotoran, dan benda asing lainnya dari saluran pernapasan.

     Namun, jika terjadi produksi lendir yang berlebihan atau lendir tidak dapat dikeluarkan dengan baik dari paru-paru, maka dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Salah satu kondisi yang terkait dengan produksi lendir berlebih di paru-paru adalah bronkitis kronis, yaitu suatu kondisi di mana saluran pernapasan mengalami inflamasi atau peradangan yang berlangsung dalam jangka waktu lama.

    Bronkitis kronis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti merokok, paparan zat kimia berbahaya, infeksi virus atau bakteri, dan faktor genetik. Gejala bronkitis kronis meliputi batuk kronis yang disertai dengan dahak, sesak napas, dan mudah lelah.

    Untuk mengatasi masalah lendir di paru-paru, terutama pada kasus bronkitis kronis, beberapa tindakan yang dapat dilakukan antara lain menghindari paparan asap rokok dan polusi udara, menjaga kelembapan udara di sekitar tempat tinggal, menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi lendir berlebih, serta menjalani pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan bergizi.

    Selain itu, penderita bronkitis kronis juga dapat menjalani terapi obat-obatan, seperti bronkodilator dan kortikosteroid, untuk membantu meredakan gejala dan mengurangi produksi lendir berlebih di paru-paru. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dan gejala yang dialami.

  Tidak bisa dipungkuri lendir di paru-paru bisa sangat terasa mengganggu. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang bisa Anda konsumsi.

   Pada dasarnya, lendir sendiri berperan penting dalam merespons kekebalan paru-paru. Lendir akan menjebak iritan di saluran udara dan mengeluarkannya lewat batuk. Dengan begitu, Anda bisa terlindung dari infeksi.

   Namun, dalam kondisi berlebih, keberadaan lendir justru bisa mengganggu. Lendir berlebih akan memicu sejumlah gejala seperti batuk dan sesak napas.

 

   Demi kenyamanan, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang ampuh mengusir lendir di paru-paru.

   Kabar baiknya, konsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu membersihkan paru-paru, utamanya dari lendir yang menumpuk.

  Dikutip dari cnnindonesia, anda bisa mengonsumsi beberapa makanan pembersih paru-paru berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada paru-paru.

   Mengutip Medical News Today, sebuah studi menemukan, orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tak pernah minum teh hijau.

2. Jahe

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki membuat jahe punya kemampuan untuk membantu membersihkan paru-paru.

   Minum secangkir teh jahe setiap pagi. Untuk menambah rasa, Anda bisa mencampurnya dengan irisan lemon dan madu. Campuran ini dapat membantu mengeluarkan zat-zat tertentu dari saluran pernapasan, termasuk di antaranya lendir.

3. Buah bit

  Mengutip Healthline, bit merupakan salah satu buah kaya nitrat yang bermanfaat untuk paru-paru. Nitrat membantu mengoptimalkan pengambilan oksigen.

   Tak hanya itu, suplemen bit juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja paru-paru pada orang dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

 

4. Nanas

   Nanas mengandung bromelain atau enzim yang bersifat anti-inflamasi. Enzim ini membantu masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma.

   Tak cuma itu, bromelain juga bersifat mukolitik, yang artinya punya kemampuan untuk memecah dan mengeluarkan lendir dari saluran napas.

5. Anggur

  Makanan untuk membersihkan lendir dari paru-paru lainnya adalah anggur. Kandungan mineral dan vitamin yang ada pada anggur dapat membersihkan paru-paru dengan efektif dan mencegah timbulnya penyakit.

6. Apel

  Kandungan flavonoid pada apel membantu mempertahankan sistem pernapasan yang sehat. Berbagai kandungan di dalamnya juga mampu membantu menghilangkan penumpukan lendir dalam paru-paru.

7. Kunyit

  Bukan rahasia lagi, kunyit memang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai makanan pembersih paru-paru, kunyit membantu menekan peradangan di saluran pernapasan. Senyawa aktif pada kunyit juga ditemukan dapat membantu membersihkan lendir dari paru-paru secara alami.***