Wonogiri Heboh Gegara Foto Asusila Kepsek SD-Korwil Disdik Tersebar

(Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa)

WONOGIRI (Surya24.com)- Foto asusila dua ASN bukan pasangan suami-istri di Wonogiri tersebar di media sosial. Kini keduanya dibebastugaskan dari jabatannya.Diketah ui, dua pasangan bukan suami istri itu merupakan ASN yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri.

"Karena tindakan (keduanya) terbukti. Sudah dibuatkan surat pembebastugasan mulai kemarin (Senin, 20/3). Agar mudah dalam proses penyidikan," kata Kepala Disdikbud Wonogiri, Sriyanto kepada wartawan, seperti dilansir detik.com, Selasa (21/3/2023).

Ia mengatakan, laki-laki yang terlibat dalam foto asusila itu adalah S, Korwil Disdik di salah satu kecamatan di Wonogiri. Sedangkan perempuannya adalah RN, salah satu kepala SD di Wonogiri.

Sriyanto menegaskan pembebastugasan itu berlaku bagi kedua ASN yang terlibat foto asusila tersebut. Sedangkan penyidikan dilakukan oleh tim internal dari Disdikbud Wonogiri.

"Ini kan proses pembinaan dan penyidikan internal. Jika tidak terbukti kami kembalikan (dari pembebastugasan). Ini masih kami dalami, bisa terbukti menyalahi asusila atau justru nanti melanggar UU ITE. Saat ini kami lakukan pembinaan internal, harus dibuktikan," kata Sriyanto.

Keduanya telah diperiksa oleh tim internal Disdikbid pada Jumat (17/3) lalu. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, keduanya mengaku khilaf hingga akhirnya berselingkuh.

"Setahu saya hanya ada dua foto itu. Sehingga menjadi dasar (penyidikan) kami. Katanya foto itu dilakukan sejak awal 2022, sudah lama hampir setahun," kata Sriyanto.

Saat ditanya, kata Sriyanto, keduanya tidak mengetahui bagaimana foto itu bisa tersebar. Foto itu dilakukan dengan sadar.

"Kemungkinan tersebarnya lewat ponsel yang perempuan. Dokumen fotonya ada di yang perempuan. Karena dalam foto itu yang terlihat aktif dan memotret yang perempuan. Sehingga logikanya tersebar lewat (ponsel) yang putri," jelas Sriyanto.***