Cara Pengobatan Ida Dayak Unik Bikin Heboh Sambil Joget Tulang Bengkok Auto Sembuh di Tempat Ini Link Videonya

Pengobatan Unik Ida Dayak. Youtube/Hi Bali ©2023 Merdeka.com

JAKARTA (SURYA24.COM)- Seperti diketahuii Suku Dayak merupakan salah satu suku bangsa asli Indonesia yang mendiami pulau Kalimantan. Suku Dayak dikenal sebagai suku yang sangat kuat dalam mempertahankan adat dan budaya mereka, serta mempunyai kekayaan alam yang melimpah di sekitar wilayah mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang suku Dayak, termasuk sejarah, budaya, dan tradisi mereka.

Sejarah

Suku Dayak telah tinggal di Kalimantan sejak zaman prasejarah, namun ada sedikit catatan tertulis tentang sejarah mereka. Suku Dayak terdiri dari beberapa sub-etnis, antara lain Dayak Ngaju, Dayak Iban, Dayak Kenyah, Dayak Murut, Dayak Bahau, dan masih banyak lagi. Setiap sub-etnis memiliki adat, bahasa, dan budaya yang berbeda.

Pada zaman dahulu, suku Dayak hidup sebagai masyarakat agraris yang sangat mengandalkan kehidupan dari hasil pertanian dan perkebunan mereka. Mereka juga terkenal sebagai pemburu dan pengumpul hasil hutan. Kehidupan mereka sangat dipengaruhi oleh alam sekitar, karena itu mereka memiliki hubungan yang kuat dengan alam.

Budaya dan Tradisi

Suku Dayak memiliki budaya dan tradisi yang sangat kaya, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Salah satu tradisi yang masih dipertahankan oleh suku Dayak adalah tradisi adat dan upacara. Beberapa upacara adat yang paling terkenal antara lain:

Gawai Dayak

 Gawai Dayak adalah upacara adat yang diadakan untuk merayakan panen padi atau hasil bumi lainnya. Upacara ini biasanya diadakan pada bulan Mei atau Juni setiap tahunnya.

 Hudoq

 Hudoq adalah upacara adat yang diadakan untuk menghormati dewa-dewi dan roh yang diyakini oleh suku Dayak. Upacara ini biasanya diadakan pada bulan Desember atau Januari setiap tahunnya.

Aruh Adat

 Aruh Adat adalah upacara adat yang diadakan untuk meminta restu dari leluhur dan roh yang diyakini oleh suku Dayak. Upacara ini biasanya diadakan sebelum melakukan aktivitas penting.

Sementara itu dikabarkan seorang wanita yang dikenal dengan nama Ida Dayak mendadak ramai menjadi sorotan di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini dikarenakan aksinya yang disebut mampu menyembuhkan tulang bengkok, kesleo, hingga lumpuh dalam waktu singkat.

Melansir dari unggahan di kanal Youtube Hi Bali, membagikan video merekam momen ketika Ida tengah menyembuhkan pasiennya. Uniknya, wanita yang tampil menggunakan pakaian khas suku Dayak itu melakukan prosesi penyembuhan dengan cara berjoget. Simak ulasan selengkapnya:

Melansir dari unggahan di kanal Youtube Hi Bali, membagikan video merekam momen saat Ida Dayak sedang melakukan pengobatan kepada beberapa orang. Pengobatan Ida dilakukan di tempat umum sehingga bisa disaksikan oleh banyak orang.

Dikutip dari merdeka.com, ia juga terlihat tidak menggunakan banyak alat saat menangani pasiennya. Dengan santai, Ida tampak mengajak pasiennya untuk mengobrol sebelum melakukan proses pengobatan.

Sambil Berjoget

Uniknya, di sela-sela proses pengobatannya itu Ida sempat sesekali berjoget mengikuti alunan musik yang diputar dengan cukup keras.

Saat akan memulai pengobatan, ia tampak mengoleskan minyak berwarna merah pada anggota tubuh yang akan diobati. Kemudian ia melanjutkan dengan prosesi berdoa.

Baru setelah itu, secara perlahan ia mulai mengembalikan tangan atau kaki pasien yang bengkok ke posisi semula. Selama melakukan proses pengobatan itu, Ida tampak menggunakan pakaian khas suku Dayak.

Video

Satu per satu pasien yang memiliki keluhan sakit di bagian tulang itupun mendadak langsung sembuh. Berdasarkan informasi, disebutkan jika Ida tidak mematok biaya saat mengobati orang.

Namun, ia membuka praktek di jalanan dengan berjualan minyak tradisional yang ia racik sendiri bersama suaminya menggunakan bahan-bahan alami. Berikut link videonya https://www.youtube.com/watch?v=B2_F2wyJbfE