INFOTORIAL DPRD KOTA DUMAI

Wako Sampaikan 10 Prestasi Dumai Tahun 2022 kepada DPRD

Ketua DPRD Kota Dumai, Suprianto (dua dari kanan) menerima LKPj 2022 dari Walikota Dumai, H Paisal (dua dari kiri) didampingi Sekwan (kanan ujung) dan Sekda (kiri ujung)

DUMAI (Surya24.com)– Rapat paripurna terkait penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Dumai Akhir Tahun Anggaran 2022 ini dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Dumai, Senin (03/04/23). 

Rapat Paripurna yang dipimpin secara langsung oleh Ketua DPRD Kota Dumai Suprianto SH ini diikuti oleh 19 orang Anggota DPRD Dumai. 

Menanggapi pernyataan Wali Kota Dumai, pimpinan rapat paripurna, Suprianto mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Dumai yang telah menyampaikan Tanggapan dan atau Jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD Kota Dumai.  

"Kami berharap jawaban dan atau tanggapan tersebut menjadi perhatian yang serius dalam pembahasan dan penelaahan pada tahap pembicaraan selanjutnya ditingkat Pansus pembahasan LKPJ Walikota Tahun Anggaran 2022," tuturnya. 

Selanjutnya, DPRD Kota Dumai telah membentuk Pansus untuk mempelajari LKPJ tersebut. Pansus ini terdiri dari Edison dari fraksi Golkar, Andy Putra Silitonga dari fraksi PDIP, Kamisan dan Agus Purwanto asal fraksi Demokrat. 

Selanjutnya Rudi Hartono asal fraksi PKS, Hasrizal asal Fraksi PAN, Hasan dari fraksi PPP, Haslinar dan Yusman asal Fraksi Nasdem serta Idrus dari fraksi Gerindra.  

Suprianto berpesan kepada seluruh anggota Dewan yang sudah ditunjuk oleh fraksinya untuk duduk dalam kepanitiaan tersebut agar segera membahas dan memanfaatkan waktu yang tersedia secara optimal dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi saat ini. 

Rapat paripurna tahunan ini dilaksanakan oleh DPRD Kota Dumai untuk mendengarkan LKPJ yang disampaikan Walikota Dumai berupa capaian pembangunan, indikator penduduk, capaian, realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), prestasi Pemerintah Kota Dumai serta beberapa hal lainnya terkait dengan program serta capaian Kota Dumai di tahun 2022. 

Walikota Dumai H Paisal memberikan penjelasan secara rinci terkait dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban  (LKPj) di tahun 2022 di hadapan seluruh hadirin tamu undangan. Dalam penyampaiannya, Walikota Dumai mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut serta berkontribusi dalam membangun Kota Dumai. 

“Alhamdulillah, pelaksanaan program dan kegiatan di tahun 2022 secara umum dapat direalisasikan dengan baik. Kesemuanya ini tentu atas dukungan dan kerjasama pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat serta kerjasama berbagai pihak. Terutama masyarakat Kota Dumai,” ujar Walikota Dumai dalam sambutannya. 

Berikut 10 prestasi Pemko Dumai dalam LKPj 2022 : 

1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Tahun 2021 dari BPK-RI Pekanbaru kali kelima berturut-turut sejak 2017 silam. 

2. Pengharhaan Penerapan Sistem Merit kategori baik dari Komisi Aparatur Sipil RI. 

3. Pencapaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kapabilitas APIP dan Manajemen Resiko Level 3 dari Badan dan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. 

4. Pemerintah daerah Kabupaten/ Kota dengan Implementasi Program Kejar Provinsi Riau terbaik tahun 2022 penghargaan 10 besar daerah dengan kategori perencanaan dan pencapaian daerah tingkat kota dalam penyelenggaraan penghargaan pembangunan daerah 2022 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. 

8. Penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2022. 

9. Penghargaan nasional dan provinsi atas komitmen mencapai Universal Health Coverage tahun 2022. 

10. Serta penghargaan lainnya. 

Usai pembacaan LKPJ, Walikota Dumai menyerahkan draft dokumen kepada Ketua DPRD Kota Dumai untuk ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Rapat pun ditutup oleh Ketua DPRD Kota Dumai Suprianto SH. 

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Sekda Kota Dumai H. Indra Gunawan,S.IP,M.Si, Forkopimda Kota Dumai, Anggota DPRD Kota Dumai, Kepala OPD se Kota Dumai.(Infotorial)