ODGJ Tanpa Busana Berkeliaran, Bhabinktibmas Dan Babinsa Turun Tangan, Tapi Berulah Lagi

UJUNG TANJUNG (Surya24.com) - Lebaran usai, beberapa hari lalu masyarakat jalan lintas Sumatera Dusun Pematang Padang Kepenghuluan Ujung Tanjung Tanah Putih Rohil resah melihat berkeliarannya ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) di kampung mereka tanpa busana. 

ODGJ lelaki tanpa indentitas diperkirakan berumur 40 Tahun ini, hilir-mudik tanpa penutup tubuh, membuat warga setempat terganggu dangan pemandangan yang tak lazim tersebut. 

Entah siapa mengabadikan moment ODGJ kelayapan ini lalu diposting ke media sosial, video berdurasi 1 menit 39 detik ini sejak Selasa (2/5/2023) lalu viral di medsos. 

Menerima informasi ODGJ hilir-mudik di Dusun Pematang Padang Ujung Tanjung, Bhabinkamtibmas Aipda Hotman Hutabarat dan Babinsa, Pelda Wahyudi mendatangi ODGJ tersebut. 

Aipda Hotman Hutabarat, Pelda Wahyudi berdialog dengan  ODGJ di sebuah gubuk reot kemudian dipasangkan baju, celana untuk menutup tubuhnya. 

Sunardi, warga Ujung Tanjung, Rabu (3/5/2023) menyebutkan bahwa ODGJ tanpa indentitas ini sudah berkeliaran di jalan lintas kampung mereka sejak beberapa hari lalu. 

" Orang Dalam Gangguan Jiwa tanpa indentitas itu sudah sejak beberapa hari lalu masih berpakaian, nah kemaren sudah bugil, warga terganggu melihatnya, " aku Sunardi. 

" Lalu, Bapak Bhabinkamtibmas, Aipda Hotman Hutabarat dan Bhabinsa Pelda Wahyudi mendatangi ODGJ ini dan memakaikan pakaian, mengasi makan, minum, namun berulah lagi membuka busananya dan kelayapan lagi, " sebut Sunardi. 

Akibat berkeliarannya ODGJ, warga Pematang Padang resah tidak nyaman lagi serta khawatir akan membuat onar di desa mereka. 

" Kami berharap Dinas Sosial Rohil, pihak terkait mengambil dan mengevakuasi ODGJ ini ke RSJ atau Panti Sosial, ini perlu dilakukan, kita khawatir dia membuat onar meresahkan warga, " kata Iskandar warga Tanah Putih Rohil mendukung gagasan Sunardi tersebut. 

Sosok ODGJ berkeliaran di jalan lintas sumatera ini tidak dikenali warga setempat dan diperkirakan merupakan orang luar yang nyasar atau sengaja di tinggalkan begitu saja di jalan lintas tersebut. 

Sempai dipakaikan baju oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, namun pakaian dilepas lagi dan dibuang MR X tersebut. (Hy)