Wujudkan Satu Data, Diskominfotik Bengkalis Taja Sosialisasi dan Launching Website

PEKANBARU (Surya24.com) - Dalam mewujudkan Satu Data di Wilayah Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi dan Launching Website Satu Data. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 22 Juni 2023 di Hotel Bono Pekanbaru.

Adapun peserta dalam Launching Website Satu Data Kabupaten Bengkalis terdiri dari operator Perangkat Daerah (PD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Johansyah Syafri mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data telah menuntut instansi Pemerintah untuk melakukan perbaikan tata kelola data dalam upaya memperoleh data yang akurat.


"Hal itu tentu selaras dengan Visi Kabupaten Bengkalis yakni terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera, dan Pemkab Bengkalis sangat berkomitmen dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkarakter dan integritas," kata Johan.

Johan menambahkan ketersediaan satu data yang valid dan akurat serta akuntabel sangat bernilai penting dalam mendukung penguatan kualitas perencanaan dan pengambilan keputusan kebijakan akurat serta valid.

"Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa data lebih berharga dari minyak, karena data memiliki nilai yang sangat akurat dan bernilai tinggi juga memiliki nilai yang valid," ujar Johan.

Selanjutnya Johan berharap kepada seluruh peserta untuk selalu menjadi pendukung dan produsen data dalam membangun sinergi dalam pengelolaan data yang lebih baik.

"Mari bersama-sama kita dukung dan berdayakan aplikasi satu data dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam pemanfaatan data dalam mendukung Visi Kabupaten Bengkalis yang Bermawah Maju dan Sejahtera.

Adapun narasumber pada sosialisasi ini yakni Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Kementerian BPN serta Kepala BPS Bengkalis Hari Prasetyo.(inf)