Ngga Hanya Manusia, Ternyata 6 Hewan Ini Bisa Ganti Kelamin Loh, Apa Saja?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)– Peneliti mengungkap sekira 5 persen spesies hewan memiliki kemampuan untuk mengubah jenis kelamin mereka selama hidup. Ini dilakukan untuk memaksimalkan keberhasilan reproduksi.

Hewan dengan kemampuan ganti kelamin ini tentunya sangat menarik untuk dibahas. Nah buat yang penasaran, berikut ini adalah 6 hewan yang bisa ganti kelamin, seperti dilansir dari berbagai sumber mengututip okezone.com.

Ikan Badut

Ikan badut adalah hewan dengan kelamin ganda yang berfungsi secara penuh. Ketika lahir ia menentukan satu jenis kelamin tertentu namun sepanjang hidupnya ikan badut bisa beralih ke jenis kelamin lain jika diperlukan.

Jika sesuatu terjadi pada betina dalam pasangan kawin, pasangan jantannya berubah menjadi betina dan memilih jantan terbesar berikutnya dalam kelompok untuk menjadi pasangan barunya.

Kupu-kupu

Beberapa kupu-kupu Lycaeides menampilkan kondisi ganda langka yang disebut ginandromorfisme yang dapat menyebabkan sifat jantan dan betina tersusun acak atau bilateral dengan satu sisi jantan dan sisi lainnya sama-sama betina.

Ginandromorfisme ditemukan pada krustasea, serangga, burung, dan mungkin dalam beberapa kasus juga terjadi pada kupu-kupu. Fenomena langka ini terjadi pada sekitar satu dari 10.000 kupu-kupu.

Burung Kardinal

Ginandromorfisme bilateral juga terkadang ditemukan pada burung kardinal. Ia akan memiliki bulu "betina" berwarna coklat keabu-abuan di satu bagian dan bulu "jantan" berwarna merah terang di bagian lainnya untuk pergantian peran.

Menurut sebuah penelitian, kardinal dengan gynandromorph tidak hanya memiliki tampilan yang berbeda, tetapi juga tingkah yang berbeda. Setidaknya ini pernah diamati oleh para peneliti dari tahun 2008 hingga 2010.

Siput Pisang

Siput pisang yang memiliki panjang hingga 10 inci ini merupakan moluska seperti cacing yang bisa berganti kelamin. Mereka bahkan dapat menggunakan organ reproduksi jantan dan betina pada saat yang bersamaan.

Meski mampu membuahi sendiri, sebagian besar siput pisang lebih suka mencari pasangan. Ketika tiba saatnya untuk kawin, dua siput melakukan pertukaran sperma timbal balik yang membuahi sel telur masing-masing siput.

Katak

Selama bertahun-tahun, para peneliti telah mengamati katak yang berganti kelamin secara spontan di laboratorium. Dan baru-baru ini mereka telah berhasil membuktikan ini juga terjadi di alam liar.

Katak rupanya bisa merubah jenis kelamin lengkap dengan organ reproduksi yang berfungsi penuh. Fenomena sangat umum ditemukan baik di laboratorium dan juga alam, terlebih pada katak hijau.

Hawkfish

Hawkfish merupakan spesies ikan yang lahir sebagai betina namun dapat berubah menjadi jantan saat kondisi membutuhkannya. Biasanya, hal ini terjadi saat pemimpin jantan mereka mengawini terlalu banyak betina.

Betina terbesar dari kelompok hawkfish akan berubah menjadi hawkfish jantan dan berpisah dengan kelompoknya. Dan ketika nantinya populasi hawkfish jantan sudah banyak, maka ia akan kembali menjadi betina.***